2016, Tidak Ada Penjaringan CPNS di Kota Bima

Kota Bima (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima, memastikan tahun 2016 ini tidak ada penjaringan atau rekrutmen CPNS. Pasalnya, hingga saat ini belum ada instruksi atau perintah dari pemerintah pusat.

“Tidak ada penjaringan CPNS tahun ini,” ucap Sekretaris BKD Kota Bima, Drs. H. Mahfud, M.Pd menjawab Suara NTB, Jumat, 19 Agustus 2016.

Dikatakan, setiap tahun Pemkot setempat tetap mengusulkan ke pemerintah pusat terkait kekurangan pegawai di daerah ini. Seperti pegawai teknis dan dokter.

“Tetap diusulkan, karena di Kota Bima memang masih banyak kekurangan pegawai teknis dan dokter,” katanya.

Selain belum adanya perintah atau instruksi langsung dari BKN terkait penjaringan CPNS, di sisi lain pemerintah pusat saat ini juga sedang melakukan moratorium. Bahkan beredar wacana ASN rencananya akan dipangkas.

“Semua kebijakan rekrutmen CPNS di tangan pemerintah pusat. Kami didaerah hanya menunggu instruksi,” tuturnya.

Hanya saja, lanjutnya, pada tahun 2016 ini, di Kota Bima terdapat dua formasi. Yakni penjaringan Pegawai Tidak Tetap (PTT), tenaga kesehatan dan PTT penyuluh pertanian. Yang saat ini masih melakukan seleksi secara nasional.

“Jatah PTT tenaga kesehatan 11 orang. Sementara PTT penyuluh pertanian hanya tujuh orang. Saat ini mereka tengah bersaing mengikuti seleksi,” ujarnya.

Proses penjaringan tenaga PTT yang diangkat menjadi PNS ini, dilakukan secara online. Daerah atau BKD setempat hanya menyiapkan administrasi. Sebab ujian seleksi hingga penentuan akhirnya berada di tangan pemerintah pusat.

“Kami juga tidak tahu apakah PPT ini akan ditempatkan di daerah atau tidak. Karena yang mengetahui adalah Pemprov dan pemerintah pusat. Tapi biasanya pasti akan ke daerah, dan itu harapan kami,” pungkas Mahfud. (uki)