20 Sembuh, Dua Kasus Baru Berasal Dari Maluk dan Sekongkang

Infografik perkembangan kasus Covid-19 di KSB, per tanggal 21 November 2020.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Penurunan kasus infeksi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali menunjukkan tren positif. Ini ditunjukkan dengan melonjaknya angka kesembuhan dari pasien yang dinyatakan selesai menjalani masa karantina.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 KSB, Sabtu, 21 November yang diterima dari rilis Pemprov NTB. Terdapat sebanyak 20 orang pasien dinyatakan sembuh. Ke-20 pasien tersebut berasal dari 3 kecamatan. Rinciannya, masing-masing 11 pasien asal Kecamatan Seteluk, 8 orang asal Kecamatan Taliwang dan 1 pasien asal Kecamatan Sekongkang.

Untuk pasien yang dinyatakan sembuh asal kecamatan Taliwang. Dikatakan H. Tuwuh, sebagian besar adalah tenaga kesehatan (Nakes) yang bekerja di RSUD Asy Syifa. Mereka sebelumnya terinfeksi setelah sempat merawat pasien yang diduga positif mengidap virus corona.

“Alhamdulillah sebagian besar Nakes kita sudah sembuh. Artinya mereka sudah bisa kembali bekerja sehingga layanan rumah sakit bisa normal kembali,” sebut H. Tuwuh kepada Suara NTB, Minggu, 22 November 2020.

Ia menyebutkan, proses penyenbuhan 20 pasien tersebut terbilang cepat. Hal ini dikarenakan sejak awal divonis positif, mereka menjalani protokol karantina dengan baik. Meski karantina dijalani pasien secara mandiri.

“Yang baiknya juga, selama 14 hari masa karantinya tidak satu pun mengalami gangguan kesehatan sedikit pun. Jadi penyembuhannya cepat,” urainya.

Meski ada yang puluhan yang dinyatakan sembuh, tambahan kasus positif Covid-19 di KSB masih terjadi. Di waktu yang sama, Gugus Tugas kabupaten mengumumkan 2 kasus positif baru. Masing-masing pasien tedeteksi adalah warga Kecamatan Maluk dan Sekongkang.

Dikatakan H. Tuwuh, munculnya dua kasus itu kembali menempatkan Kecamatan Maluk dan Sekongkang berada di zona merah. “Status mereka yang terinfeksi baru itu adalah pelaku perjalanan,” sebutnya.

Hingga kini jumlah pasien positif Covid-19 KSB tersisa 6 orang. Rinciannya 2 orang berada di Kecamatan Seteluk, sisanya masing-masing adalah warga Kecamatan Taliwang, Brang Ene, Maluk dan Sekongkang. (bug)