20 Positif Covid-19 KSB Seluruhnya Tenaga Kesehatan

H. Tuwuh. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 20 orang yang dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 3 Januari asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merupakan tenaga kesehatan.

Juru bicara Satgas Covid-19 KSB, H. Tuwuh menjelaskan, tenaga kesehatan yang diumumkan terpapar virus corona tersebut didominasi petugas RSUD Asy Syifa. Dari 20 yang positif, 14 kasus diantaranya berasal dari rumah sakit milik pemerintah KSB itu. Sementara 6 sisanya merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Brang Rea, Taliwang dan salah satu klinik kesehatan di kecamatan Maluk. “Jadi sisanya 2 orang dari (Puskesmas) Brang Rea, 2 orang dari Taliwang dan 2 orang lagi dari Maluk,” urainya kepada wartawan, Senin, 4 Januari 2021.

Secara umum, menurut H. Tuwuh, puluhan tenaga kesehatan yang dinyatakan positif itu sebelumnya dinyatakan memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. Ia mencontohkan petugas kesehatan asal Puskesmas Brang Rea, keduanya sebelumnya sempat merawat salah seorang pasien yang akhirnya dinyatakan mengidap positif corona. “Begitu tahu pasien yang sempat dirawat positif, kami langsung mengarantina dan jalankan swab terhadap mereka. Dan hasilnya ternyata mereka juga positif,” ujarnya.

Meski dinyatakan positif kesehatan seluruh tenaga medis itu dalam kondisi stabil. Disebutkan H. Tuwuh mereka menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing di bawah pengawasan pihak RSUD Asy Syifa.

Sementara itu ditanya mengenai operasional 2 Puskesmas yang terdapat petugasnya positif Covid. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB ini mengungkapkan tetap berjalan normal. Pelayanan terhadap masyarakat tetap dibuka baik rawat inap maupun rawat jalan. “Begitu juga rumah sakit. Karena sejak awal kita minta manajemen jangan sampai lumpuh layanannya. Kan Asy Syifa satu-satunya rumah sakit di KSB ini,” imbuh H. Tuwuh. (bug)