2.648 Personel Diterjunkan Amankan Natal dan Tahun Baru di NTB

Mataram (suarantb.com) – sebanyak 2.648 personel kepolisian dan isntansi terkait akan diterjunkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran peringatan Natal dan Tahun Baru 2018 di NTB. Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol I Dewa Putu Maningkajaya menyebutkan terdapat 1.220 personel dari unsur Polri dan 1.428 personel dari Polres dan instansi terkait.

Nantinya personel tersebut akan melakukan pengamanan pada 69 gereja yang ada di seluruh NTB, tempat rekreasi dan pusat-pusat keramaian lainnya. “Nanti masing-masing gereja kita lihat ada yang ramai, yang biasa aja, tapi yang ramai cukup banyak. Ada beberapa Satgas yang kita bentuk, ada satgas bantuan operasi dan macam-macam. Misalnya kalau di gereja ada sterilisasi, itu butuh banyak tenaga,” ternagnya, ditemui usai Apel Operasi Lilin Gatarin 2017 di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Kamis, 21 Desember 2017.

Iklan

Mengenai tempat yang menjadi prioritas pengamanan, terutama gereja, Maningkajaya mengatakan tidak ada gereja yang dijadikan prioritas. Namun, Polda NTB telah menyiapkan pos pelayanan di 11 lokasi, pos terpadu di lima lokasi, yakni di Terminal Bertais, LIA, Lembar, dan bandara di Bima dan Sumbawa, ditambah pula dengan pos pengamanan yang ada di 24 lokasi.

Kapolda NTB, Brigjen Pol Firli menekankan bahwa pengamanan terutama menjelang Natal difokuskan untuk memastikan kelancaran peringatan hari raya bagi umat Nasrani tersebut. Tidak boleh ada gangguan dalam bentuk apapun.

“Negara kita negara Pancasila, warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan dan agamanya masing-masing, ini dalam Pasal 29 UUD 1945. Jadi tidak boleh ada kegiatan ibadah diganggu oleh siapapun. Kalau ada sweeping, kita tangkap. Karena itu pelanggaran hukum,” tandasnya. (ros)