2.000 Pekerja di Lobar Diusulkan Terima BLT

M. Hendrayadi. (Suara NTB/dok)

Giri menang (Suara NTB) – Dinas tenaga kerja Lombok Barat mengusulkan sekitar 2000 pekerja untuk mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) program dari pemerintah pusat. Usulan ini dilakukan sejak awal merebaknya covid-19. Selain itu, ada sekitar 900 pekerja yang diusulkan mendapatkan program JPS.

Kepala Disnaker Lobar, Hendrayadi mengatakan awal covid-19 untuk program JPS dan BLT pihaknya mengusulkan sebanyak 900 orang lebih pekerja yang di PHK dan dirumahkan dampak pandemi ini. Data yang Sudah lengkap dengan by name by address ini diusulkan dan dihimpun di dinas sosial. Selain ke dinas sosial, pihaknya juga menyerahkan data usulan itu ke kementerian Tenaga kerja. “Total pekerja yang kami usulkan itu sebanyak 2000 orang,” sebutnya.

Iklan

2.000 pekerja yang diusulkan ini terdiri dari tenaga kerja yang Dirumahkan, PHK dan PMI yang dipulangkan dari luar negeri selama Pandemi. Ia mengaku tidak tahu berapa nanti yang akan mendapatkan bantuan program dari pusat tersebut. “Karena kami hanya mengusulkan, terkait berapa nanti yang dapat bantuan, itu kewenangan pusat,’’ tukasnya.

Diakui, sejauh ini belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis terkait mekanisme BLT ini. Kemungkinan kata dia, nanti bantuan ini akan disalurkan melalui dinas sosial atau langsung dari pusat. Berdasarkan data Disnaker tercatat 1.562 orang di PHK dan dirumahkan. Terdiri dari 1.437 dirumahkan dan PHK 125 orang. Dari jumlah ini 931 orang dari Lobar.

Selain itu, Disnaker mencatat 900 lebih pekerja yang di PHK oleh perusahan di Lobar. Baik perusahaan yang bergerak di pariwisata maupun industri. “900-an tenaga kerja yang sudah di PHK ini mengajukan kartu pra kerja untuk mendapat Jaminan Sosial,” terang Hendrayadi. Seluruh data itu diakuinya sudah disampaikan kepada pihak Dinsos. Karena kewenangan jaminan sosial atau JPS di sana. Meski demikian ia mengingatkan Dinsos untuk tetap memverifikasi usulan itu. “Data kami sekitar 900-an yang beralamatkan di Lobar,” tegasnya. (her)

Advertisement