19,23 Persen Nakes Kontra Indikasi Vaksin di Dompu

Iris Juita Kastianti. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, mencatat 19,23 persen Tenaga Kesehatan (Nakes) memiliki riwayat kontra indikasi vaksin. Baik karena mengidap penyakit jantung, kanker serta mengalami ketergantungan pada obat-obatan. Sementara, mereka yang tertunda untuk divaksin lantaran menyusui serta pernah terpapar Covid-19, ada sekitar tujuh persen.

Kadikes Dompu, Hj. Iris Juita Kastianti, Skm., MMKes., kepada Suara NTB menyampaikan, dari 1.700an nakes sasaran program vaksinasi, sudah 92,8 persen tercapai untuk tahap pertama, sedangkan tahap II baru 58 persen.

Iklan

Kendati capaian program vaksinasi ini cukup baik, tetapi masih ada temuan nakes kotra indikasi atau tidak memenuhi syarat setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan. “Data sekarang untuk kontra indikasi itu 19,23 persen, tertunda sekitar tujuh persen,” ungkapnya.

Tenaga kesehatan dinyatakan kontra indikasi vaksin karena beberapa persoalan, seperti misalnya mengidap satu atau dua dari belasan kriteria sasaran yang tidak boleh divaksin. Baik berupa jantungan, menderita kanker atau mengalami ketergantungan pada obat-obatan dan hamil.

Mereka, lanjut Iris Juita Kastianti, memang sangat rentan terpapar Covid-19, sehingga penting untuk menjalani vaksinasi. Hanya saja, keputusan itu tergantung kebijakan dari tim dokter yang menangani. “Tergantung dari dokter nanti, termasuk untuk mereka yang tertunda akibat tekanan darah tinggi dan pernah terpapar Covid-19,” jelasnya.

Dengan capaian 58 persen untuk tahap II, ia berkeyakinan dalam waktu dekat ini vaksinasi nakes tuntas dilakukan. Sasaran selanjutnya yakni pelayan publik, meliputi TNI-Polri, ASN dan praktisi media.

Terhadap orang-orang tersebut, Dikes melalui jajaran puskesmas pada tiap wilayah tengah melakukan pendataan. Jika tidak pertengahan bulan ini, paling lambat akhir Maret mereka sudah mulai divaksin. “Kalau vaksin untuk pelayan publik belum dikirim, mungkin itu nanti seminggu sebelum pelayanan,” tandasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional