191 Makam Warga Kuta Direlokasi

Warga menggelar doa bersama sebelum mulai relokasi 191 makam yang terkena pembangunan sirkuit Mandalika. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 191 makam yang ada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Emontong Desa Kuta direlokasi PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Relokasi dilakukan karena TPU tersebut terkena dampak pembangunan Jalan Khusus Kawasan (JKK) Mandalika, lokasi gelaran balap MotoGP 2021.

“Proses relokasi sudah dimulai sejak hari Jumat, 26 Maret 2021,” sebut Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro, Senin, 29 Maret 2021. Relokasi dilakukan bersama dengan warga dengan disaksikan unsur pemerintahan desa hingga kecamatan, tokoh masyarakat serta tokoh agama setempat.

Iklan

Luas TPU Emontong Dusun Ujung yang direlokasi sekitar 20 are diganti dengan lahan milik ITDC yang ada di HPL 95 seluas 50 are yang berada di Dusun Ujung Daye. Relokasi tersebut merupakan bagian dari program pembebasan lahan enklave kawasan The Mandalika. Guna mendukung kelancaran proses pembangunan infrastruktur kawasan The Mandalika. Khususnya pembangunan JKK Mandalika yang saat ini sudah masuk tahap akhir.

Sebelum proses relokasi, pihaknya sudah meminta persetujuan para ahli waris pemilik makam di empat dusun. Masing-masing  Dusun Ujung Daye, Dusun Ujung Lauk, Dusun Ebunut serta Dusun Rangkep II. Komunikasi dengan warga sendiri terkait relokasi TPU tersebut sudah dibangun sejak bulan Januari lalu.

“Dalam proses pembebasan lahan makam ini, kami lakukan dengan mengedepankan pendekatan humanis. Sehingga masyarakat dengan sadar bersedia menerima tawaran relokasi makam tersebut,” imbuhnya.

Dukungan warga tersebut sangat besar artinya dalam mendukung percepatan pembangunan kawasan The Mandalika khususnya area JKK. “Seluruh proses pemindahan makam juga dilakukan dengan mengikuti tata cara yang telah disepakati oleh ahli waris,” tandasnya seraya menambahkan, proses relokasi ditargetkan selesai pada 10 April mendatang. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional