19 Ribu Lebih Pendaftar BPUM di Lobar Belum Bisa Diusulkan

H. M. Fajar Taufik (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Batas verifikasi untuk tahap pertama Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM)  sudah selesai. Untuk tahap pertama Dinas Koperasi Kabupaten Lombok Barat (Lobar) akan menyerahkan sekitar 11.461 orang pendaftar penerima BPUM yang sudah lengkap berkas dan sudah dilakukan verifikasi oleh Dinas Koperasi. Jumlah yang diusulkan ini jauh lebih sedikit dibandingkan Pendafatar di link mencapai 30.670 orang. Banyak pendaftar belum bisa diajukan karena terkendala syarat belum dilengkapi.

Kepala Dinas koperasi dan UMKM Lobar H. M. Fajar Taufik mengatakan sejauh ini jumlah pendaftar di link mencapai 30.670 orang sedangkan yang sudah melengkapi berkas persyaratan, diverifikasi dan divalidasi sebanyak 11.461 atau baru sekitar 35 persen. “Sedangkan 65 persen warga sudah mendaftar di link, tapi belum menyerahkan berkas. Kami mohon kerjasama dari para kades untuk membantu warganya, dan kepada warga agar segera serahkan berkas, karena tanpa berkas itu tidak bisa Kami usulkan,” ujarnya pekan kemarin.

Iklan

Menurutnya, pendaftar yang sudah menyerahkan berkas dan sudah diverifikasi akan dikirim ke provinsi dan Kementerian Koperasi sebagai usulan tahap I. ” Untuk tahap pertama jumlah ini akan kita kirimkan dulu, ” jelasnya.

Sisanya yang tinggal 21 ribuan tetap akan dilakukan verifikasi berkas yang sudah masuk, yang nantinya akan diusulkan kembali sebagai penerima untuk tahap kedua dan ketiga, karena dari informasi yang diberikan oleh Kementerian Koperasi usulan pendaftaran hingga bulan September mendatang.

Pada tahun 2020 kemarin, kata Taufik jumlah UMKM di Kabupaten Lombok Barat yang mendapatkan bantuan ini mencapai 25.961 orang dari jumlah usulan mencapai 80 ribu lebih selama tahun 2020, meski untuk kuota, tidak ada batasan jumlah penerima yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi. (her)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional