17 Kades Baru Disumpah

Bupati Loteng H. M. Suhaili FT melantik 16 kades baru hasil pilkades dan satu kades PAW, Kamis, 21 Januari 2021. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Sebanyak 17 kepala desa (kades) yang baru diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Lombok Tengah (Loteng), Kamis, 21 Januari 2021. Dari 17 kades ini, 16 kades di antaranya merupakan kades terpilih pada gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 23 Desember tahun lalu. Sedang satu sisanya kades Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Durian Kecamatan Janapria.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan para kades baru tersebut dilaksanakan di Bencingah Adiguna Praya, dengan penerapan protokol Covid-19. Hadir pada kesempatan itu para anggota Forkopimda Loteng beserta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Loteng. Unsur pimpinan lembaga desa juga hadir, tapi dalam jumlah terbatas.

Iklan

Bupati Loteng H. M. Suhaili FT mengingatkan kepada para kades yang baru dilantik agar merangkul semua elemen masyarakat yang ada di desa. Menurutnya, perhelatan politik di desa sudah usai dan kini saatnya untuk memulai pembangunan di desa. “Kalaupun mungkin pada pilkades kemarin ada perbedaan, tetapi janganlah sampai menyimpan dendam,” ujarnya.

Dalam hal ini, semua masyarakat di desa harus dilayani dengan cara yang sama. Jangan ada perbedaan perlakuan antara masyarakat yang bukan pendukung dengan masyarakat pendukung kades terpilih. Semua harus diperlakukan sama, tanpa terkecuali, tanpa pilih kasih dan harus keadilan.

Secara khusus, Bupati Loteng memberikan apresiasi kepada semua peserta pilkades yang mau menerima hasil pilkades dengan lapang dada, sehingga seluruh proses dan tahapan pilkades bisa berjalan lancar. Tidak terkecuali semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan pilkades serentak.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini, Suhaili meminta para kades baru, agar ikut berperan aktif mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ikut mendukung penegakan protokol Covid-19 di tengah masyarakat di desanya.  “Kades baru harus ikut berjuang mencegah penyebaran Covid-19. Dengan mendukung penegakan protokol Covid-19. Mengingat, kasus Covid-19 saat ini kembali meningkat,” pinta Ketua DPD I Partai Golkar NTB ini. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional