16 Petugas RSUD Dompu Lakukan Isolasi Mandiri

Tim gugus tugas tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Dompu saat meninjau gedung Sanggilo yang akan dijadikan tempat karantina ODP dan PDP Covid 19 saat terjadi lonjakan pasien, Sabtu, 11 April 2020.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Sebanyak 16 orang petugas kesehatan di RSU Dompu melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing hingga menunggu hasil swab atas Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Oo yang diisolasi di RSUD Dompu. Pasien ini tidak jujur menyampaikan riwayat perjalanannya sebagai ODP, sehingga ia ditangani sebagai pasien umum dan tidak diisolasi.

Setelah dua hari dirawat baru diketahui, pasien ini memiliki riwayat perjalanan mengikuti kegiatan ke Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. “Kita masih tunggu hasil swab. (Biasanya) sepekan baru ada hasil,” kata Humas RSUD Dompu, Ida Fitriyani, S.Keb.Bd kepada Suara NTB, Minggu, 12 April 2020.

Iklan

Ketika hasil swab atas PDP asal Desa Oo ini dinyatakan negatif, 14 orang perawat dan 2 orang dokter umum yang sempat merawatnya baru diizinkan kembali masuk kerja. Saat ini, mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Kondisi kesehatan 16 orang petugas kesehatan RSUD Dompu ini juga tidak ada masalah dan mereka tetap diminta melakukan isolasi mandiri hingga hasil swabnya keluar. “Masih diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing,” katanya.

Kondisi kesehatan 2 PDP yang diisolasi di RSUD Dompu, Ida Fitriyani mengungkapkan, hingga saat ini terus membaik. Kedua PDP ini merupakan warga Oo dan Kandai Satu Dompu dengan riwayat perjalanan yang sama, yaitu mengikuti kegiatan di Gowa. “Sejauh ini membaik (kondisi kesehatan 2 PDP yang diisolasi),” tegasnya. Ia pun berharap, hasil Swabnya negatif sehingga petugas medis yang melakukan isolasi mandiri bisa tenang dan kembali bertugas seperti biasa.

Sementara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Dompu menetapkan gedung Sanggilo di Desa Matua sebagai tempat karantina untuk mengantisipasi bila terjadi lonjakan kasus ODP dan PDP dengna gejala ringan dan sedang. Sehingga RSUD difokuskan merawat PDP dengan gejala berat. Sebagai tempat karantinas, gedung Sanggilo akan disiapkan fasilitas perawatan, tenaga medis dan aparat untuk menjagaSebagai lokasi karantina, Sanggilo nanti akan disediakan fasilitas perawatan, tenaga medis dan aparat yang menjaga. (ula)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional