16 Desa di KSB Segera Gelar Pilkades

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 16 dari 57 desa yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun ini segera akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (pilkades). 16 Desa tersebut merupakan desa yang kepala desanya sudah habis masa jabatannya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) KSB, Ibrahim, S. Sos, MM kepada Suara NTB, Jumat (8/7/2016) mengatakan, dari untuk Pilkades 16 desa itu, pihaknya saat ini sedang membuat perencanaan mulai dari pembentukan panitia pemilihan, penyusunan tata tertib, perencanaan biaya Pilkades, penyusunan daftar pemilih, pengumuman daftar pemilih sementara dan pengajuan bakal calon kepala desa. “Kita berharap semua tahapan tersebut bisa rampung di bulan Agustus mendatang,” ujarnya. Sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan pada bulan Oktober.

Iklan

Untuk anggaran dalam pelaksanaan Pilkades ini lanjutnya, sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui APBD. Tetapi itu semua tergantung kepada desanya apakah akan meminta tambahan dana atau tidak. Mengingat yang sudah dianggarkan oleh Pemda saat ini hanya Rp 35 juta untuk Pilkades per desa. “Anggarannya sudah kita siapkan, tinggal menunggu permintaan dari pihak desa yang dibutuhkan berapa, untuk pelaksanaan pilkades ini,” imbuhnya.

Seraya tetap berharap, supaya dalam pelaksanaan pilkades ini harus mengedepankan sikap musyawarah untuk mufakat. Apabila hal tersebut bisa terwujud maka kondusivitas daerah akan tetap terjaga. Hal lain yang harus tetap dijaga yakni demokrasi. Hal tersebut merupakan modal dasar dalam menjalankan kepemimpinan yang baik. (ils)

  Presiden Segera Tetapkan Lokasi Smelter Sebagai Kawasan Industri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here