14 Kasus Covid-19 KSB Didominasi Nakes dan Pelajar

Infografik kasus Covid-19 di KSB per tanggal 15 November 2020. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak 14 kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang diumumkan, Minggu malam, 15 November 2020, didominasi tenaga kesehatan (Nakes) dan pelajar.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 KSB, dari keseluruhan pasien yang terinfeksi tersebut. Sebanyak 8 orang berstatus sebagai petugas Nakes, 4 orang pelajar dan 2 sisanya adalah warga dengan status dugaan terinfeksi dari pasien positif serta pelaku pelaku perjalanan.

Iklan

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 KSB, H. Tuwuh menjelaskan, 8 Nakes yang teridentifikasi positif itu seluruhnya bertugas di RSUD Asy-Syifa. Mereka sementara ini kuat diduga tertular dari pasien positif yang sempat mendapat perawatan di rumah sakit milik Pemda KSB itu. “Ini kesimpulan sementara kami soal sumber infeksinya. Tapi untuk pastinya kami masih menunggu penyelidikan pihak rumah sakit,” terangnya kepada Suara NTB, Senin, 16 November 2020.

Sementara untuk 4 pasien yang diketahui adalah pelajar. Dkungkapkan H. Tuwuh mereka adalah warga KSB yang selama ini menjalani studi di luar daerah. Mereka terdeteksi terinfeksi sebagai pelaku perjalanan setelah sebelumnya pulang menjalani masa liburan sekolah. “Benar. Mereka ini pelajar semua. Mereka sekolah di luar daerah yang nota bene adalah wilayah terjangkit Covid-19,” sebutnya.

Para pelajar ini lanjutnya, masih satu rangkaian gerbong dari beberapa pasien positif yang diumumkan pada tanggal 6 dan 8 November lalu. “Ya banyak pelajar itu sebelumnya memang mereka pulang liburan. Kami identifikasi sebagai pelaku perjalanan dan kami tes (swab). Hasilnya mereka kemudian dinyatakan positif,” beber H. Tuwuh.

Menurut H. Tuwuh tingginya fenomena kasus positif dari para pelajar yang pulang liburan itu. Pihaknya akan memperketat pengawasan dengan menginstruksikan tim di seluruh level agar melakukan deteksi sedini mungkin. “Kami sudah minta petugas di kecamatan hingga desa agar aktif mendata pelajar yang pulang liburan. Kalau ada langsung wajibkan karantina mandiri selama 14 hari dulu,” tegasnya

Untuk diketahui, dengan adanya tambahan 14 kasus positif yang diumumkan, Minggu malam lalu, total kasus positif Covid-19 di KSB sejauh ini sebanyak 92 orang. Dengan rincian, 31 orang masih isolasi, 58 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional