139 Jemaah Tabligh di Dompu akan Jalani Tes Cepat

Maman. (Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Sebanyak 139 orang eks jemaah tabligh asal Dompu, akan menjalani tes cepat alias rapid test. Hal itu menyusul Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, diasumsikan telah berinteraksi langsung dengan pasien positif Covid-19 dari klaster Gowa di sejumlah wilayah.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Maman, Skm., MMKes kepada Suara NTB di kantornya, Senin, 13 April 2020 menyampaikan, rapat internal yang digelar pagi ini (kemarin) untuk menindaklanjuti keputusan tim gugus tugas penanganan Covid-19, terkait tes cepat bagi 139 jemaah tabligh yang bertolak dari Ijtima Dunia di Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel). “Hari ini kita rencanakan untuk melakukan tes cepat terhadap jemaah tabligh yang 139 orang. Sesuai rapat dengan Bupati tadi malam,” ungkapnya.

Iklan

139 eks jemaah tabligh berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) ini diputuskan harus menjalani tes cepat pada puskesmas terdekat. Karena kuat dugaan pernah berinteraksi langsung dengan pasien positif Covid-19 di sejumlah wilayah, baik dari dalam maupun luar negeri.

Secara epidemologi, lanjut Maman, masa pemantauan selama 14 hari sejak kepulangan mereka memang sudah berakhir. Tetapi, tidak menutup kemungkinan gejala Covid-19 tersebut muncul setelah masa waktu inkubasi. Sehingga untuk lebih meyakinkan perlu dilakukan pengujian terhadap sampel darah dan serumnya. “Kita ini (tes cepat) untuk memastikan, kadang-kandang kan orang tanpa gejala tapi suatu saat akan timbul lagi. Walaupun masa inkubasi 14 hari tetapi ada juga yang lebih dari itu,” jelasnya.

Untuk meminimalisir keresahan masyarakat atas upaya penanggulangan yang diambil, masing-masing jemaah tabligh akan dikontak untuk mendatangi langsung puskesmas terdekat.

Disinggung penanganan terhadap mahasiswa yang pulang kampung sendiri, Maman menjelaskan, karena status mereka merupakan  Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) maka penanganannya cukup dengan pemantauan selama isolasi mandiri di rumah. “Kalau jemaah tabligh sudah jelas dia berinteraksi dengan kasus positif, makanya perlu di-rapid test,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional