13 Juli, Sekolah di Bima Mulai Gelar KBM Tatap Muka

Zunaiddin dan Syamsudin. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Meski Kabupaten dan Kota Bima hingga kini masih ada kasus Covid-19, namun proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) daerah setempat akan tetap diaktifkan kembali. Rencananya aktivitas pembelajaran tatap muka itu mulai dilaksanakan 13 Juli 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima, Drs. Zunaiddin MM, memastikan proses KBM yang diaktifkan kembali pada Senin awal pekan ini, sebagai penanda dimulainya pembelajaran tahun ajaran 2020/2021. “Tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai Senin 13 Juli ini,” katanya kepada Suara NTB, Jumat, 10 Juli 2020.

Iklan

Hanya saja lanjut Zunaiddin, sistem pembelajaran dan jam sekolah yang diterapkan tidak sama seperti biasanya. Kata dia, sistem pembelajaran dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti menggunakan masker dan jaga jarak.

“Begitupun jam sekolah, diubah secara bergilir (shift). Misalnya siswa kelas satu dibagi jadi dua kelompok. Ada yang masuk pagi ada juga yang masuk siang,” katanya.

Ia menegaskan anjuran KBM tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 tersebut berdasarkan Juklak dan Juknis yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. “Kita harapkan situasi ini bisa kembali normal, sehingga siswa bisa bejalar seperti biasa,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, Dr. H. Syamsudin. Ia  mengaku proses KBM di sekolah formal akan mulai diaktifkan kembali, walaupun saat ini Kota Bima ada sejumlah warga yang terpapar Covid-19. “Tanggal 13 Juli, Sekolah sudah mulai aktif kembali. Jadwal ini sesuai yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan jadwal tersebut, dimulainya KBM tatap muka pada 13 Juli berlaku bagi tingkat SMP. Sedangkan tingkat SD masuk 13 September kemudian PAUD atau TK bulan November. “Di mulai tingkat SMP. Selama tiga hari akan digelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sekaligus simulasi (uji coba) belajar tatap muka,” pungkasnya. (uki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here