121 JCH Kota Mataram Belum Lunasi BPIH

Mataram (suarantb.com) – Jadwal pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) telah ditetapkan Kementerian Agama menjadi dua tahap; tahap pertama 10 April-5 Mei dan tahap kedua 22 Mei-2 Juni. Pada tahap pertama, hingga saat ini sebanyak 121 jemaah calon haji (JCH) Kota Mataram belum melunasi BPIH.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Burhanul Islam, Rabu, 3 Mei 2017. Dari 121 orang ini, kemungkinan ada tujuh orang yang masuk data jemaah haji sudah berstatus haji sehingga tertolak sistem pada pelunasan tahap pertama. Jemaah yang telah berstatus haji ini diberi kesempatan untuk melunasi pada tahap kedua yaitu 22 Mei sampai 2 Juni mendatang.

Iklan

Bagi JCH yang belum melunasi, Burhanul mengatakan dibatasi hingga 5 Mei besok. Jika sampai batas waktu tersebut ratusan JCH ini tak menyetor pelunasan BPIH, otomatis mereka dianggap mengundurkan diri dan tak bisa melakukan pelunasan di tahap kedua.

“Karena di tahap kedua nanti itu diperuntukkan bagi yang sudah berhaji yang tujuh orang plus nanti untuk jemaah haji lansia, sama yang penggabungan antara suami-istri,” jelasnya. Jika dari tiga kategori JCH ini ada yang tak melunasi hingga 2 Juni, maka JCH cadangan akan dimasukkan.

Kepada ratusan JCH yang belum melunasi pada tahap pertama ini, Kemenag Kota Mataram mengirimkan surat dan meminta agar segera dilakukan pelunasan BPIH. “Makanya kita harus pastikan dan kita bersurat mulai hari ini kepada yang belum melunasi ini untuk memastikan apakah dia itu memang karena faktor atau hal lain sehingga tidak melunasi atau menunggu sampai hari terakhir tanggal 5 besok ini,” jelasnya. (ynt/mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here