118 Pelamar Luar Daerah Tes SKD di UPT BKN

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah 118 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang berasal dari luar daerah tidak perlu datang tes seleksi kompetensi dasar (SKD) ke Kota Mataram. Tes bisa diikuti di unit pengelola teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) di masing – masing daerah.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, rapat koordinasi secara virtual bersama BKN, Selasa, 24 Agustus 2021 membahas secara teknis pelaksanaan SKD. Hal teknis ini berkaitan dengan kapasitas ruangan dan persyaratan yang harus diikuti oleh pelamar.

Iklan

Kapasitas ruangan minimal 30 persen dari jumlah keseluruhan. Dengan kebijakan itu, pihaknya hanya bisa menyediakan 30 komputer dari total 100. “BKN baru memberikan gambaran teknis pelaksanaan SKD,” kata Nelly, Rabu, 25 Agustus 2021.

Nelly mengakui, pelaksanaan SKD membutuhkan waktu panjang. Dengan jumlah pelamar 2.334 orang diprediksi membutuhkan waktu selama sebulan. Perhitungan ini jika diasumsikan satu hari pelaksanaan SKD dilakukan tiga sesi dengan rata – rata 90 orang pelamar. Durasi panjang dipastikan berpengaruh terhadap penganggaran. Akan tetapi, anggaran telah disiapkan di APBD murni 2021 dan APBD perubahan. “Jelas membengkak,” ucapnya.

Dikatakan, pelamar luar daerah tinggal menyesuaikan jadwal tes yang dikeluarkan. Kebijakan teknis pelaksanaan SKD tidak ada perbedaan. Pelamar di luar daerah juga harus menunjukkan swab antigen negatif atau mengikuti kebijakan masing – masing daerah. “Aturannya sama seperti di sini juga,” jawabnya.

Operator penerimaan CPNS Kota Mataram, Hidayatulah menyebutkan, sejumlah 118 pelamar yang berdomisili di luar daerah mendaftar di Kota Mataram. Tetapi tidak diketahui, apakah pelamar itu sudah menetap di Mataram ataukah sebaliknya. “Kita kan ndak tahu. Bisa saja KTP – nya luar daerah, tetapi orangnya di Mataram,” tambahnya.

Bagi pelamar berada di luar daerah tidak perlu datang ke Mataram. Kebijakanya mereka bisa ikut tes di UPT BKN di daerah masing – masing. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional