10 Ton Sampah di Dekat Pasar Selak Diangkut

Mataram (suarantb.com) – Tumpukan sampah liar yang menggunung di dekat Pasar Selak, Bertais diangkut. Dinas Kebersihan Kota Mataram telah melakukan pengangkutan besar-besaran dan meratakan lahan yang dijadikan tempat pembuangan sampah tersebut, Kamis, 3 Nopember 2016. Jumlah sampah yang diangkut dari kawasan itu mencapai sekitar 10 ton.

Selanjutnya diupayakan tidak ada lagi tumpukan sampah di kawasan tersebut. Tumpukan sampah tersebut sangat mengganggu warga sekitarnya. Bau busuk sampah akibat diguyur hujan selama beberapa hari terakhir makin menyengat hingga jarak yang cukup jauh dari lokasi.

Iklan

Untuk itu, Dinas Kebersihan Kota Mataram melakukan sterilisasi area untuk menghentikan pembuangan sampah di lokasi tersebut. Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kebersihan Kota Mataram, H. Muzahar mengatakan, sterilisasi dilakukan mulai pukul 10.00 dan ditempatkan dua unit kontainer.

“Hari ini kita selesaikan semua, bersih semua selokan-selokannya juga. Lalu kita pasangkan kontainer di sini hari ini juga,” terangnya kepada suarantb.com ditemui di lokasi pengangkutan sampah. Dengan disediakannya kontainer, diharapkan tidak ada lagi sampah berserakan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan Kota Mataram, H. M. Kemal Islam mengatakan untuk menghindari adanya pembuangan sampah liar, selain memasang kontainer, pihaknya akan terus melakukan pemantauan di area tersebut. Petugas yang dikerahkan untuk melakukan pemantauan berasal dari Satgas Pertamanan, Satgas Kebersihan dan Anggota Linmas Kelurahan.

“Kita lakukan pemantauan ini secara terus-menerus untuk mengetahui sumber sampah, baru kita coba carikan nanti solusi yang lain,” jelasnya.

Pengawasan ini juga dilakukan untuk memantau sumber sampah yang ada di area tersebut. Menurutnya, perlu diketahui apakah sampah hanya berasal dari pasar dan masyarakat sekitar, atau merupakan kiriman dari luar Kota Mataram. (rdi)