10 Kecamatan Terdampak Kekeringan, Kabupaten Bima Tetapkan Status Darurat

M. Chandra Kusuma. (Suara NTB/Uki)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima meningkatkan status kekeringan dari siaga menjadi darurat. Perubahan status tersebut menyusul ribuan jiwa yang tersebar pada 10 Kecamatan di Kabupaten setempat terdampak kekeringan.

Status siaga ke darurat kekeringan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bima, nomor : 188.45/271/06.23 tahun 2021, tentang penetapan status keadaan darurat penanganan bencana kekeringan di wilayah kabupaten Bima.

Iklan

 “Status darurat kekeringan di Kabupaten Bima ditetapkan oleh Bupati Bima tertanggal 2 Oktober 2021 kemarin,” kata Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma M.AP, Selasa, 5 Oktober 2021.

Lebih lanjut Chandra mengatakan, status darurat kekeringan yang ditetapkan tersebut akan berlangsung selama 30 hari atau terhitung sejak Tanggal 2 sampai dengan 31 Oktober 2021 mendatang.

 “Status darurat kekeringan selama 30 hari. Jangka waktunya akan diperpanjang tergantung kebutuhan penanganan di lapangan,” katanya.

Ia mengaku, penetapan status darurat kekeringan itu akan mempermudah pihaknya untuk mendroping atau menyalurkan air bersih setiap hari ke wilayah yang terdampak kekeringan tanpa harus menunggu permintaan.

Karena selama berstatus siaga, lanjut dia, petugas BPBD akan menyalurkan air bersih berdasarkan permintaan warga atau Pemerintah Desa (Pemdes), dengan mengutamakan daerah atau wilayah yang paling parah terdampak kekeringan.

“Selain itu, penanganan status siaga kekeringan menggunakan dana operasional BPBD. Sedangkan darurat ada anggaran khusus yang dialokasikan melalui APBD,”  katanya.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bima, tercatat ada sebanyak 7.865 Kepala Keluarga (KK) atau 39.325 jiwa dari 39 Desa pada 10 Kecamatan yang terkena dampak kekeringan.

10 Kecamatan di Kabupaten Bima yang terdampak kekeringan tersebut antara lain Kecamatan Donggo, Soromandi, Bolo, Woha, Palibelo Madapangga, Monta, Wawo Belo dan Parado. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional