10 Bulan Buron, Residivis Kambuhan Tertangkap

Polisi menunjukkan barang bukti ponsel yang dibeli tersangka dari uang penjualan TV curian. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Buronan pencurian rumah kosong, RD alias RZ (25) akhirnya masuk sel juga. Setelah buron selama 10 bulan, pria yang bekerja sebagai tukang itu tertangkap. Akhir drama kejar-kejaran dengan polisi, tersangka RZ menyerah.

Kasatreskrim Polres Mataram, AKP Kiki Firmansyah Effendi mengatakan, tersangka ditangkap Minggu, 11 November 2018 lalu dalam pelarian ke rumahnya.

Iklan

“Pelaku kabur dengan sepeda motor ketika akan ditangkap. Hampir menabrak pejalan kaki dan memprovokasi warga mengepung anggota di lapangan,” ujarnya, Rabu, 21 November 2018.

Anggota Tim Resmob 701 Polres Mataram memergoki RD sedang berkendara di Jalan Ade Irma Suryani, Monjok, Mataram. Tersangka baru saja pulang dari Karang Bagu, Karang Taliwang, Cakranegara, Mataram.

Bukannya menepi saat diminta menepi, tersangka RD malah makin tancap gas. Berkelit melewati jalan RA Kartini, Monjok Timur. Menyusuri Jalan Mahoni, Karang Kelok, Monjok Barat, sampai Jalan Udayana, Dasan Agung, Selaparang.

Polisi sempat melontarkan tembakan peringatan. Tersangka tak peduli dengan tetap memacu motornya sampai di Jalan Otak Desa, Dayan Peken, Ampenan.

Bukannya menyerah, tersangka bahkan meneriaki polisi dengan sebutan maling. Yang lantas membuat warga setempat berkerumun mengepung anggota Resmob.

Warga baru paham ketika anggota memberi penjelasan bahwa tersangka RD merupakan buronan yang diburu sejak 10 bulan terakhir.

Kiki mengungkapkan tersangka kemudian mengakui perbuatannya. Yakni pencurian di Jalan Gotong Royong, Kebun Bawak Timur, Pejeruk, Ampenan pada 1 Februari lalu.

Barang yang dia ambil bersama dua kawannya yang tertangkap lebih dulu, antara lain, liontin emas 1 gram, TV LED 50 inchi, dan uang tunai Rp450 ribu, serta ponsel android hasil dibeli dari uang penjualan TV curian.

“Pelaku ini juga pernah mencuri tabung gas, ayam, burung, dan membobol warung rokok. Pernah juga mencoba merampas sepeda motor di Jalan Udayana,” kata Kiki.

Dua kawannya, Rizal dan Ragil sudah yang ditangkap lebih dulu sudah selesai menjalani hukuman atas dakwaan kasus yang sama. (why)