1.589 Santri Se-YPH PPD NW Pancor Ikuti PLSM Bersama

Selong (Suara NTB) – Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnahdlatain (YPH-PPD) Nahdlatul Wathan (NW) Pancor, melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah/Madrasah (PLSM) Tahun Ajaran 2016—2017.

Kegiatan PLSM yang merupakan agenda tahunan itu digelar secara bersama dengan melibatkan sebanyak 1.589 santri/santriwati dari berbagai sekolah/madrasah mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang lokasi pembukaannya dilakukan di GOR YPH-PPD NW Pancor, Senin 18 Juli 2016.

Iklan

Dalam pembukaan PLSM sekaligus penyerahan santri-santriwati baru itu, Pengurus YPH-PPD NW Pancor, Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah, M.Pd bersyukur atas masih besarnya kepercayaan masyarakat terhadap YPH sebagai  wadah untuk mendidikan para santri yang ke depannya diharapkan menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam pelaksanaan PLSM itu, ia mengimbau kepada santri/santriwati agar dapat memanfaatkan momen ini sebagai wahana dalam mengenali potensinya sendiri, potensi sekolah serta menggali segala potensi yang ada selama menuntut ilmu di lingkungan YPH-PPD NW Pancor.

Ia mencontohkan, perkembangan zaman dewasa ini mengalami keterbukaan yang sangat luar biasa, terutama dalam bidang perkembangan teknologi. Kendati demikian, perkembangan teknologi harus bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya oleh santri dengan mengarahkannya kepada hal-hal yang positif.

Pasalnya, perkembangan teknologi tidak menutup kemungkinan akan menjadi bumerang bagi penggunanya jika perkembangannya dimanfaatkan terhadap hal-hal yang negatif.

Oleh karenanya, untuk bisa menyikapi pesatnya perkembangan teknologi itu adalah membentengi diri dengan ilmu pengetahuan agar nantinya santri/santriwati yang menimba ilmu di YPH-PPD NW Pancor mampu bersaing baik tingkat kabupaten, nasional maupun internasional.

Dalam pembacaan jumlah peserta PLSM oleh Hj. Baiq Rohmayani, S.Ag, M.Pd, sebanyak 1.589 santri-santriwati baru untuk tahun ajaran 2016-2017 berasal dari berbagai sekolah, di antaranya MTs Muallimin NW Pancor sebanyak 200 santri, MTs Muallimat NW Pancor 235 santriwati, dan MTs NW Pancor sebanyak 170 santri serta SMP Laboratorium NW Pancor sebanyak 80 orang.

Untuk tingkat MA/SMA dan SMK, untuk tahun ini MA Muallimin NW Pancor sebanyak 225 santri, MA Muallimat NW Pancor menerima sebanyak 250 santriwati dari 700 lebih pendaftar, MA NW Pancor sebanyak 125 santri. Sementara, MA Hamzanwadi Pancor sebanyak 96 santri dan SMA NW Pancor menerima sebanyak 68 santri.

Sedangkan untuk SMK NW Pancor sebanyak 80 santri dan terakhir untuk MI Hamzanwadi sebanyak 60 peserta didik. “Jumlah 1.589 ini untuk tingkat MI sampai MA. Yang belum masuk untuk TK dan perguruan tinggi,” terangnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here