1.553 PMI Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet, Disnakertrans Cek PMI Asal NTB

T. Wismaningsih Dradjadiah (Suara NTB/dok)
top ads

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 1.553 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru saja pulang dari negara penempatan dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB akan mengecek dan berkoordinasi dengan UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram, apakah ada PMI asal NTB yang ikut dirawat di sana.

Kepala Disnakertrans NTB, Dra. T. Wismaningsih Dradjadiah yang dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 18 Mei 2020 mengaku belum mendapatkan informasi PMI yang dirawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta. ‘’Saya belum cek. Saya cek dulu dengan UPT BP2MI. Biasanya informasi dari mereka,’’ kata Wismaningsih.

Iklan

Ia mengaku baru mendapatkan informasi mengenai 4.202 PMI asal NTB yang akan pulang karena sudah habis kontraknya. Mereka akan pulang dari 13 negara penempatan.

Tiga negara yang jadi penempatan PMI asal NTB yang terbesar yaitu Malaysia 3.186 orang, Hongkong  454 orang, dan Arab Saudi 193 orang. Sementara tiga asal PMI yang terbanyak di NTB adalah Lombok Timur  1.793 orang,  Lombok Tengah 1.123 orang dan  Lombok Barat 501 orang.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Disnakertrans stand by di pelabuhan dan bandara bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan ulang kepada PMI yang baru pulang ke NTB. Meskipun PMI tersebut sudah dilakukan pemeriksaan di luar negeri maupun luar daerah, sesampainya di NTB akan tetap dilakukan pemeriksaan ulang.

‘’Jadi tetap mereka dilakukan pemeriksaan ulang. Kalau ada gejala mereka dikarantina. Kita waspadai tinggi. Tetap melakukan pemeriksaan  ulang. Walaupun sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya,’’ ujarnya.

Sebanyak 4.202 PMI asal NTB tersebut akan pulang secara bertahap. Namun ada juga kemungkinan di antaranya melakukan perpanjangan kontrak kerja di luar negeri. Namun, Disnakertrans belum mengetahui PMI yang melakukan perpanjangan kontrak dan tidak.”Pokoknya datanya 4.202 orang yang sudah habis masa kontraknya,” tandasnya. (nas)

  Korban Membongkar Cara Kerja Calo CPNS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here