‘’Travel Agent’’ Singapura Sambut Antusias Pasar Lombok

BPPD Logo

SALES mission hari terakhir rombongan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB di Singapura disambut antusias operator negara berlambang kepala singa ini. Dari 30 travel agent yang diundang tim sales mission sebagai buyer, meningkat menjadi dua kali lipat lebih. Sales mission di Singapura ini diharapkan mampu mencapai target transaksi hingga Rp 20 miliar.

Iklan

Sedikitnya 63 travel agent Singapura membanjiri ruang Sales Mission Lombok Sumbawa di Bugis Village Hotel-Singapura, Kamis, 24 November 2016.

Foto pasang

Ketua BPPD NTB H. Affan Ahmad dan perwakilan seller dari NTB Awanadhi Aswinabawa menyaksikan pemasangan kain tenun khas NTB pada salah satu buyer di Sales Mission BPPD NTB di Singapura, Kamis, 24 November 2016.

Menurut Ketua BPPD NTB, H. Affan Ahmad, hubungan antar travel agent lintas negara ini harus bisa dijaga secara baik. Singapura menjadi pasar wisata sangat potensial bagi Lombok Sumbawa setelah Malaysia.

“Kami harapkan, nilai transaksi dari sales mission ini bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Kami yakin target ini bisa tercapai jika melihat antusias operator di Singapura,” ujar Affan Ahmad optimis.

Seperti sales mission di dua negara sebelumnya, Affan Ahmad, mengaku agenda seperti ini penting dilakukan secara rutin dan terprogram agar pasar Singapura tetap terjaga baik. Dari data yang ada setidaknya 400 wisatawan Singapura melakukan trekking di Rinjani tiap bulannya. Angka ini akan terus bertambah mengingat travel agent di Singapura mulai menyasar destinasi untuk paket bulan madu. Ini tidak terlepas dari dua penghargaan dunia yang sudah diraih Lombok Sumbawa tahun 2015 silam.

Foto top

Seller dari NTB dan buyer dari Singapura usai transaksi di acara Sales Mission BPPD NTB di Singapura, Kamis, 24 November 2016.

“Responnya sungguh luar biasa, bahkan kami bisa melihat langsung transaksi business to business antara seller dan buyer yang hadir hari ini,” lanjutnya.

  Gelar Kompetisi Paragliding, Sumbawa Barat 'Jual' Mantar

Maksud lain dari agenda ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata Lombok Sumbawa di Singapura khususnya. Dengan tetap terjaganya citra pariwisata Lombok, target 4 juta kunjungan wisatawan tahun 2017 bisa tercapai.

Foto transaksi (1)

Transaksi antara seller dari NTB dan buyer dari Singapura pada Sales Mission BPPD NTB di Singapura, Kamis, 24 November 2016.

Salah seorang travel agent, juga antusias menyaksikan video tayangan wisata halal Lombok. Selama ini mereka hanya membeli paket dari Jakarta atau Bali. Dengan adanya transaksi langsung seperti event sales mission ini, travel agent di Singapura merasa diuntungkan. Dari segi harga dan paket bisa langsung dinegosiasikan. “Selama ini kami hanya mendapat tawaran paket gabungan dari Jakarta atau Bali. Namun sekarang kami bisa jadi lebih mudah karena bisa berkomunikasi langsung dengan agent di Lombok. Penerbangan langsung pun dari Singapura-Lombok sudah cukup tersedia,” ujarnya.

Anggota Komisi II DPRD NTB, Hamzah, mengaku agenda seperti ini perlu ditingkatkan. Menurut Hamzah, nilai promosi agenda seperti ini langsung kena sasaran. “Hasil ya juga langsung terlihat. Dan ini lebih efektif saya rasa jika ingin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lombok Sumbawa,” pungkas Hamzah.

Di akhir sambutan, Ketua BPPD NTB, H. Affan Ahmad mengajak para investor dan travel agent Singapura bisa hadir dan berpartisipasi dalam event International Travel Fair di Lombok-NTB tahun 2017 mendatang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here