Suara NTB » News » NTB » Percepat Mobilisasi Bantuan, Bandara Selaparang Difungsikan Kembali
Percepat Mobilisasi Bantuan, Bandara Selaparang Difungsikan Kembali Percepat Mobilisasi Bantuan, Bandara Selaparang Difungsikan Kembali
Pembongkaran bantuan logistik dari pesawat TNI yang mendarat di Bandara Selaparang Kota Mataram, Kamis, 9 Agustus 2018. (Suara NTB/nas)
Mataram (Suara NTB) – Pemerintah memfungsikan kembali Bandara Selaparang, Kota Mataram untuk mempercepat mobilisasi bantuan kepada korban gempa di Lombok. Sebanyak dua pesawat hercules... Percepat Mobilisasi Bantuan, Bandara Selaparang Difungsikan Kembali

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah memfungsikan kembali Bandara Selaparang, Kota Mataram untuk mempercepat mobilisasi bantuan kepada korban gempa di Lombok. Sebanyak dua pesawat hercules dan pesawat angkut mendarat mulus di Bandara Selaparang, Kamis, 9 Agustus 2018 siang.

Pesawat hercules dan pesawat angkut milik TNI Angkatan Udara (AU) tersebut membawa ratusan ton bantuan logistik dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Selain itu, pesawat tersebut juga mengangkut seratusan personel TNI AU dan tenaga medis.

Komandan Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Kolonel Nav Budi Handoyo menjelaskan, bantuan logistik yang dibawa TNI dengan menggunakan hercules dan pesawat angkut tersebut berupa makanan, obat-obatan, tenda lapangan, genset dan tenaga medis TNI AU.

‘’Untuk pendistribusiannya kita berkoordinasi dengan pihak BNPB, BPBD, Pemda, baik provinsi dan Kota Mataram. Sehingga pendistribusian tidak salah sasaran,’’ kata Budi di Bandara Selaparang, Kamis, 9 Agustus 2018 siang.

Baca juga:  460 Meninggal, Kerugian Ekonomi Rp7,45 Triliun

Tampak hadir pejabat Pemprov menyambut kedatangan bantuan bagi korban gempa yang diangkut menggunakan pesawat TNI AU tersebut. Seperti Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D. Hadir juga Gubernur NTB terpilih, Dr. H. Zulkieflimansyah.

Budi mengatakan, digunakannya Bandara Selaparang untuk mempercepat mobilisasi bantuan. Kemudian bantuan segera didistribusikan tepat sasaran kepada korban gempa yang sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Ia mengatakan, rata-rata tiap hari akan ada 10 – 12 penerbangan di Bandara Selaparang untuk pesawat pengangkut bantuan logistik dari Bandara Halim Perdanakusuma. Artinya, ada sekitar 100 – 150 ton makanan yang akan diangkut dari Jakarta ke Lombok menggunakan pesawat TNI AU.

‘’Bandara ini akan dimanfaatkan sampai semua sumbangan dari instansi, lembaga, perorangan, LSM semua habis diserahkan di sini semua. Sekarang bantuan tersebut masih menumpuk di Bandara Halim Perdanakusuma,’’ katanya.

Baca juga:  Pengaruh Gempa, Kualitas Air PDAM Berubah

Asisten I Setda Kota Mataram, L. Martawang yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, dioperasionalkannya Bandara Selaparang untuk mempercepat akses penyaluran bantuan bagi korban gempa.  Pasalnya, jika melalui Bandara Internasional Lombok letaknya lumayan jauh dengan daerah terkena dampak terparah gempa berkekuatan 7 SR tersebut.

‘’Dari sini, Bandara Selaparang, semua mobilisasi bantuan yang diperuntukkan bagi kabupaten/kota yang terkena dampak gempa,’’ kata Martawang.

Gubernur NTB terpilih, Dr. H. Zulkieflimansyah menambahkan pesawat TNI AU yang membawa bantuan logistik dan tenaga kesehatan tersebut mendarat mulus di Bandara Selaparang. Diharapkan bandara ini dapat seterusnya difungsikan.

‘’Tadi mendarat bagus. Kita usahakan seterusnya dapat dimanfaatkan,’’ harapnya. (nas)

BERITA TERKAIT :

Tidak ada komentar sejauh ini.

Jadilah yang pertama untuk meninggalkan komentar di bawah ini .

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *