Suara NTB » News » Pilihan Editor » Tak Ada Peluang Pegawai K2 Diangkat Jadi Calon ASN
Tak Ada Peluang Pegawai K2 Diangkat Jadi Calon ASN Tak Ada Peluang Pegawai K2 Diangkat Jadi Calon ASN
Ilustrasi ASN (Suara NTB/dok)
Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, masih menunggu regulasi dari Pemerintah Pusat untuk mengatensi tuntutan pegawai kategori dua (K2)... Tak Ada Peluang Pegawai K2 Diangkat Jadi Calon ASN

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, masih menunggu regulasi dari Pemerintah Pusat untuk mengatensi tuntutan pegawai kategori dua (K2) Kota Mataram. Dari segi aturan, tidak ada peluang mengangkat mereka menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian disampaikan Sekretaris BKPSDM Kota Mataram, Taufik Priyono ditemui, Rabu, 1 Agustus 2018. Jumlah pegawai K2 di Mataram 805 sebelum peralihan SMA/SMK ke pemerintah provinsi. Posisi sekarang K2 sebanyak 674 orang. Dengan rincian 601 formasi administrasi, 67 guru dan 6 tenaga kesehatan.

Yoyok, sapaan akrab Sekretaris BKPSDM ini kembali menegaskan, belum ada celah mengangkat mereka jadi ASN. Berbeda halnya bila ada kebijakan daerah, tetapi perlu juga diverifikasi. Mereka bisa saja mengikuti tes calon ASN. Dari segi persyaratan usia tidak boleh lebih dari 35 tahun. “Nanti dilihat juga dari syarat usia,” tandasnya.

Baca juga:  Penerimaan CPNS, Masyarakat Hati - hati Berita Hoaks

Jauh sebelumnya tambah dia, forum pegawai K2 yang menggelar pertemuan diingatkan agar tidak melibatkan pemerintah daerah. Dikhawatirkan akan ada tuntutan mengangkat mereka jadi calon ASN. Apalagi kebijakan pemerintah pusat masih simpang siur.

Namun statemen Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi peluang mengangkat mereka dengan catatan diseleksi kembali. “Informasi soal pegawai K2 ini kan sudah dianggap tidak ada,” ujarnya. Kesejahteraan pegawai baik itu ASN dan non ASN kata Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, tetap jadi perhatian pemerintah. Namun demikian, tentu harus menyesuaikan kemampuan pendanaan daerah.

Baca juga:  Rekrutmen Terpusat, Kuota CPNS NTB Keluar Akhir Agustus

“Gaji pegawai terus kita tingkatkan. Sudah berapa kali dinaikkan,” kata Walikota. Walikota menyarankan agar forum K2 mengkomunikasikan permasalahan yang dihadapi. Jangan sampai mogok kerja, sehingga merugikan berbagai pihak. Saat ini, akan dipikirkan bagaimana mencari peluang untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai K2. (cem)

BERITA TERKAIT :