Suara NTB » News » NTB » 15 Parpol Belum Kembalikan Hasil Perbaikan Berkas Bacaleg
15 Parpol Belum Kembalikan Hasil Perbaikan Berkas Bacaleg 15 Parpol Belum Kembalikan Hasil Perbaikan Berkas Bacaleg
Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Teknis, Suhardi Soud (Suara NTB/dok)
Mataram (Suara NTB) – Batas melengkapi berkas bakal calon legislatif (Bacaleg), berakhir, Selasa, 31 Juli 2018. Namun hingga Senin, 30 Juli 2018 kemarin, baru... 15 Parpol Belum Kembalikan Hasil Perbaikan Berkas Bacaleg

Mataram (Suara NTB) – Batas melengkapi berkas bakal calon legislatif (Bacaleg), berakhir, Selasa, 31 Juli 2018. Namun hingga Senin, 30 Juli 2018 kemarin, baru satu partai politik yang sudah mengembalikan berkas hasil perbaikannya ke KPU NTB. Sisanya, 15 Parpol masih berusaha memenuhi kekurangan syarat-syaratnya.

“Baru satu Parpol yang melengkapi berkas, 15 Parpol lainnya belum,” ungkap Anggota KPU Provinsi NTB Divisi Teknis, Suhardi Soud, Senin, 30 Juli 2018.

Parpol yang telah melengkapi berkasnya yaitu PDIP. Partai yang diketuai H. Rachmat Hidayat itu datang ke KPU NTB sekitar pukul 16.00 Wita, Senin kemarin. Setelah diteliti, KPU langsung memberikan Tanda Terima (TT) perbaikan kepada PDI-P NTB.

Dalam tahapan Pemilu, telah ditetapkan tanggal 22-31 Juli, untuk perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Untuk Bacaleg DPRD NTB sendiri, masih banyak berkas yang tidak lengkap berdasarkan hasil verifikasi KPU.

Menurut Suhardi, sejak hari pertama hingga saat ini, Parpol banyak yang hanya konsultasi saja. Berbagai kekurangan untuk syarat pencalonan dibicarakan. “Mereka hanya konsultasi saja, belum menyerahkan” ucapnya.

Baca juga:  Fenomena Kader Loncat Partai, Parpol Dinilai Gagal Lakukan Kaderisasi

Ditegaskan, tidak ada toleransi perpanjangan waktu bagi parpol untuk melakukan perbaikan,. Sebab, semua tahapan Pemilu telah ditetapkan, sehingga harus berjalan sesuai dengan tahapan yang sudah disusun. Apabila setelah batas waktu perbaikan habis, maka tidak ada lagi kesempatan diberikan. Oleh karena itu, wajib bagi semua Parpol untuk menyerahkan berkas perbaikan.

Apabila masih ditemukan ada berkas persyaratan Caleg yang kurang lengkap, KPU tidak segan-segan akan langsung mencoret namanya. “Perbaikannya hanya sampai besok (hari ini, red). Kalau setelah kita verifikasi lagi ada yang tidak lengkap, tidak akan muncul namanya dalam DCS (Daftar Calon Semen, red),” tegas Suhardi.

Suhardi tidak mengetahui secara pasti alasan banyak Parpol belum melakukan perbaikan berkas Bacaleg. KPU saat ini sikapnya hanya menunggu. “Bagusnya tanya Parpol kenapa belum,” sarannya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem NTB, Ardani Zulfikar mengakui jika pihaknya belum menyerahkan berkas perbaikan Caleg. “Ada beberapa yang belum lengkap karena ada pergantian akibat Caleg yang mundur,” terangnya.

Baca juga:  Zul-Rohmi Resmi Terpilih, NTB Layak Jadi Laboratorium Suksesi Kepemimpinan Nasional

Ardani tidak menyebut nama-nama Caleg yang mundur tersebut. Namun dipastikan, Caleg yang mundur, digantikan sesuai dengan mekanisme. Termasuk adanya Caleg yang reposisi dari DPRD Provinsi menjadi DPRD kabupaten/kota.

Terkait dengan nasib Fauzan Zakaria yang menjadi Caleg, Ardani mengaku saat ini sedang diupayakan untuk kelengkapan berkas. Terutama untuk surat keterangan pengunduran diri dari jabatannya saat ini sebagai Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. “Masih dalam proses beliau,” sebutnya.

Meskipun begitu, mantan anggota DPRD NTB dari Partai Golkar ini yakin, semuanya akan beres pada hari terakhir batas perbaikan. “Insya Allah Nasdem besok hari terakhir serahkan berkas perbaikan. Kami optimis besok ini sudah rampung,” katanya. (ndi)

BERITA TERKAIT :