Suara NTB » News » Ekonomi » Sandiaga Uno Yakin Ahyar-Mori Mampu Ciptakan 10.000 Wirausahawan Desa
Sandiaga Uno Yakin Ahyar-Mori Mampu Ciptakan 10.000 Wirausahawan Desa Sandiaga Uno Yakin Ahyar-Mori Mampu Ciptakan 10.000 Wirausahawan Desa
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandi Salahuddin Uno (dua dari kanan) ikut menyuarakan dukungan untuk program pasangan Ahyar-Mori yang ingin menciptakan 10.000 Wirausahawan baru di NTB. (Sumber Foto : Wikipedia)
Mataram (Suara NTB) – Dukungan terhadap pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur NTB, TGH. Ahyar Abduh dan H. Mori Hanafi, SE, M.Comm (Ahyar-Mori) rupanya tidak hanya... Sandiaga Uno Yakin Ahyar-Mori Mampu Ciptakan 10.000 Wirausahawan Desa

Mataram (Suara NTB) – Dukungan terhadap pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur NTB, TGH. Ahyar Abduh dan H. Mori Hanafi, SE, M.Comm (Ahyar-Mori) rupanya tidak hanya datang dari NTB. Tokoh papan atas sekelas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandi Salahuddin Uno alias Sandiaga Uno pun ikut menyuarakan dukungannya.

Dukungan Sandiaga Uno itu disampaikan langsung melalui akun Twitter pribadinya yang hingga kemarin tercatat memiliki 919 ribu pengikut. Dalam kicauannya, Sandiaga Uno mengutarakan keyakinannya akan salah satu program Ahyar-Mori, yaitu penciptaan 10.000 wirausahawan desa.

Dalam kicauannya, Sandiaga Uno mengaku yakin akan janji kerja Ahyar-Mori dalam melahirkan 10.000 wirausahawan desa. Ia juga meyakini hal ini bisa menjadi solusi penciptaan lapangan kerja baru yang berkualitas di NTB.

Dukungan dari Sandiaga Uno ini pun langsung direspon oleh para pengguna twitter lainnya. Hingga Jumat sore, kicauan Sandiaga Uno ini sudah disukai oleh tak kurang dari 375 pengguna dengan 79 kali di-tweet ulang. Sejumlah pengguna Twitter juga mengutarakan optimisme yang sama dengan Sandiaga Uno.

“Saya juga yakin mas @sandiuno kepada pasangan Ahyar-Mori untuk melahirkan 10.000 wirausaha. Karena semuanya apa yang kita lakukan dimulai dari niat kalau niatnya baik dan sungguh-sungguh insyaAllah semuanya ada jalan untuk menggapai itu,” ujar pemilik akun Ryyan Bachtiar.

Sementara itu, pengguna atas nama @iwinsatriading1 menegaskan bahwa sebagai pemuda, dirinya akan menyambut baik program Ahyar-Mori tersebut. “Semoga menang di Pilgub NTB,” harapnya.

Baca juga:  Dukungan Terus Mengalir, Relawan Ahyar-Mori akan Kawal Ketat Perolehan Suara

Melalui akun resminya, pasangan Ahyar-Mori juga memberikan tanggapannya. “Terima kasih atas dukungannya pada kami pasangan Ahyar-Mori bapak @sandiuno, semoga NTB yang mandiri dan maju akan mampu tercipta kedepannya melalui berbagai usaha-usaha yang ada di NTB. Amin.”

Komitmen pasangan Ahyar-Mori dalam penciptaan lapangan usaha serta semangat berwirausaha memang bukan isapan jempol. Selama karirnya, baik Ahyar Abduh maupun Mori Hanafi telah memberikan bukti nyata akan komitmen ini.

Dalam berbagai kesempatan, Mori Hanafi sangat getol menyuarakan kampanye untuk mencintai produk lokal melalui dukungan pemerintah pusat dan provinsi. “Sepanjang yang saya pantau, perlu dilakukan promosi lebih lanjut baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten sampai ke desa-desa mengenai perkembangan UMKM (Usaha Menengah, Kecil dan Mikro) dan daya saing produk lokal yang dimiliki,” ujarnya belum lama ini.

Di beberapa daerah yang telah ia lihat perkembangan produk lokalnya, Mori mengakui bahwa kualitas produk hasil kreasi warga NTB sebenarnya sudah sangat bagus. “Mulai dari cara produksinya, rasanya, kemasannya bahkan sampai pemasarannya. Namun, Kebijakan promosi ini masih kurang membumi di Nusa Tenggara Barat ini, sehingga banyak produk lokal yang masih minder untuk bersaing dengan produk luar,” ujarnya.

Kondisi setali tiga uang ia rasakan dalam konteks pengembangan sentra UMKM yang ada. Sampai saat ini, Mori menilai masih banyak sentra UMKM yang belum diresmikan dan dibalut dengan kemasan sebagai salah satu tempat yang sangat baik untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

Baca juga:  Kata Ahyar Abduh Soal Hasil Sementara Pilkada NTB

Ia pun menyebutkan sejumlah contoh nyata. Misalnya, Sentra Tenun Desa Sade, Sentra Garam Desa Kedome, Sentra Gerabah di Banyumulek, Sentra Kopi di KLU, Sentra Pengolahan Susu Kuda di Sumbawa.

Sentra-sentra itu, menurut Mori adalah beberapa tempat yang akan menjadi role model pasangan Ahyar-Mori dalam membangun sentra-sentra bisnis bagi UMKM nantinya. “Kita akan membuat masyarakat NTB lebih bangga terlebih dahulu menggunakan produk lokal dibandingkan produk luar,” ujarnya.

Dengan menggunakan produk lokal, ujar Mori, selain menghargai mereka yang telah menumbuhkan wirausaha di daerah, juga akan menambah kapasitas produksi mereka, yang berdampak pada kebutuhan tenaga kerja, yang ujung-ujungnya akan mengurangi pengangguran.

Di Kota Mataram, Calon Gubernur NTB, TGH. Ahyar Abduh juga dinilai sejumlah kalangan telah memberikan kesempatan bagi tumbuhnya sentra-sentra UMKM.

Di Pantai Gading misalnya. Di bawah kepemimpinan Ahyar Abduh sebagai Walikota Mataram, Pantai Gading tumbuh sebagai sentra penjualan ikan bakar yang sangat ramai. “Dulu di sini sepi, terus ada yang mulai jualan dan sekarang sudah begini,” kenang Ahyar. (tim)

BERITA TERKAIT :