Suara NTB » News » Pilihan Editor » Angkut Penumpang, Dishub Lotim Ancam Tindak Mobil Bak Terbuka
Angkut Penumpang, Dishub Lotim Ancam Tindak Mobil Bak Terbuka Angkut Penumpang, Dishub Lotim Ancam Tindak Mobil Bak Terbuka
Sekretaris Dishub Lotim, Idham (Suara NTB/dok)
MENJELANG Lebaran 1439 Hijriyah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melarang tegas penggunaan mobil pick up mobil terbuka untuk mengangkut penumpang. Apabila ditemukan,... Angkut Penumpang, Dishub Lotim Ancam Tindak Mobil Bak Terbuka

MENJELANG Lebaran 1439 Hijriyah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melarang tegas penggunaan mobil pick up mobil terbuka untuk mengangkut penumpang. Apabila ditemukan, Dishub bakal melakukan tindakan tegas.

Kepada Suara NTB, Selasa, 12 Juni 2018, Sekretaris Dinas Perhubungan Lotim, Idham, mengatakan Dinas Perhubungan tidak ada armada khusus yang disiapkan untuk mengangkut penumpang yang melaksanakan mudik lebaran. Namun ia mengingatkan kepada masyarakat di saat mudik supaya tidak menggunakan bak terbuka.

“Kita terus melakukan pemantauan, apabila ada mobil bak terbuka yang mengangkut penumpang, kita langsung tindak,” tegasnya.

Idham menambahkan, larangan penggunaan bak terbuka untuk mengangkut penumpang untuk mengantisipasi kecelakan lalu lintas. Pasalnya, penggunaan bak terbuka diperuntukkan dan dirancang untuk mengangkut barang, sehingga sangat membahayakan apabila digunakan untuk mengangkut pemudik. “Mobil bak terbuka bukan untuk mengangkut manusia, spesifikasinya dirancang untuk pengangkutan barang,” jelasnya.

Untuk meningkatkan pengawasan, Dinas Perhubungan Lotim sudah menempatkan personelnya di sejumlah posko mudik lebaran yang sudah didirikan, seperti di Posko Masbagik, Terara, Labuhan Lombok dan posko Pelabuhan Kayangan. Pada posko-posko itu selain mengawasi penggunaan bak terbuka, mobil yang mengangkut pribadi yang digunakan untuk mudik lebaran dipastikan harus yang layak jalan. (yon)

BERITA TERKAIT :