Suara NTB » News » Pilihan Editor » Genjot Kunjungan Wisman, Sail Indonesia dan Festival Pesona Moyo Diintegrasikan
Genjot Kunjungan Wisman, Sail Indonesia dan Festival Pesona Moyo Diintegrasikan Genjot Kunjungan Wisman, Sail Indonesia dan Festival Pesona Moyo Diintegrasikan
Kepala Dispopar Sumbawa, H. Junaidi (Suara NTB/arn)
Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumbawa, akan mengintegrasikan kegiatan acara puncak Sail Indonesia dengan Festival Pesona Moyo (FPM).... Genjot Kunjungan Wisman, Sail Indonesia dan Festival Pesona Moyo Diintegrasikan

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sumbawa, akan mengintegrasikan kegiatan acara puncak Sail Indonesia dengan Festival Pesona Moyo (FPM). Mengingat keduanya adalah agenda pariwisata nasional. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk lebih menggenjot kedatangan Wisatawan Mancanegara (Wisman).

Sebagaimana disampaikan Kepala Dispopar Sumbawa, Ir. H. Junaidi M.Si, kepada Suara NTB, Selasa, 15 Mei 2018. Sejauh ini, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk rapat tim pelaksana internal di Kabupaten. Diupayakan konsepnya yang kini tengah disusun, kegiatan Sail akan dipadukan dengan FPM. Sail yang dilaksanakan pada 9-12 September, begitu pula dengan pembukaan FPM pada 9 September. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan terpadu dan sinergi satu sama lain. “Sebelum rapat di tingkat Provinsi, konsep ini harus sudah matang,” jelasnya.

Dengan adanya keterpaduan ini, FPM yang biasanya digelar dua minggu hingga satu bulan, akan dipersingkat menjadi seminggu hingga 10 hari saja. Dengan memadatkan program dan kegiatan yang ada. Memanfaatkan 400 yacht (kapal layar) yang akan berlabuh di Sumbawa pada acara puncak Sail di Sumbawa. Pada dua agenda itulah nantinya, akan dikolaborasikan seluruh potensi wisata Sumbawa. “Satu kapal layar itu biasanya diisi 5-6 penumpang Wisman. Bayangkan saja, kalau 400 yacht maka ada berapa Wisman yang akan berada di Sumbawa menyaksikan Sail sekaligus atraksi seni budaya kita di FPM. Apalagi kebanyakan Wisman yang datang di puncak Sail ini memiliki jaringan luas secara internasional yang nantinya bisa mempromosikan Sumbawa hingga mendunia,”urainya lebih jauh.

Harapan dengan adanya keterpaduan dua agenda nasional tersebut di Sumbawa, Wisman yang datang bisa merasa puas dengan suguhan pariwisata dan budaya Sumbawa. (arn)

BERITA TERKAIT :