Suara NTB » News » Lombok Barat » Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Melonjak
Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Melonjak Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Melonjak
Ilustrasi
Giri Menang (Suara NTB) – Menjelang Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan berkisar antara 3-6 persen. Sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik antara... Jelang Ramadhan, Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Melonjak

Giri Menang (Suara NTB) – Menjelang Ramadhan harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan berkisar antara 3-6 persen. Sejumlah harga kebutuhan pokok yang naik antara lain beras, cabai, daging dan telur. Namun kenaikan ini masih ambang normal, karena masih di bawah 10 persen. Akan tetapi langkah antisipasi sudah dilakukan Pemda melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan operasi pasar dan sidak pasar di sejumlah pasar yang ada di Lobar.

Kepala Dinas Perindag Lobar Agus Gunawan, mengaku, setiap jelang puasa dan Idul Fitri pihaknya melakukan pemantauan harga bahan pokok, ketersediaan bahan pokok dan distribusi bahan pokok. ’Bulan puasa, ujarnya, penting dijamin ketersediaan bahan pokok, karena itu pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menjamin ketersediaan bahan pokok.

” Jika kenaikan di atas 10 persen maka kami lakukan operasi pasar. Jelang puasa dan Idul Fitri kami road show ke masing-masing kecamatan,”ujarnya.

Lebih lanjut, jelasnya, ketersediaan bahan pangan tiga bulan ke depan aman. Untuk beras ada stok cukup banyak 3,6 juta ton, minyak goreng 30 ribu ton dan gula pasir 295 ton. Hal lain yang dilakukan jelasnya terkait dilakukan koordinasi bahan pokok dengan instansi terkait. Selain itu tim pemantau harus rutin turun ke pasar. Sedangkan untuk stabilitasi harga pihaknya menyiapkan web online. Untuk pengamanan bahan pangan yang beredar pihaknya berkoordinasi dengan tim satgas pangan di kepolisian, kecamatan hingga desa. (her)

BERITA TERKAIT :