Suara NTB » News » Headline » Hilal Tak Terlihat di NTB, Puasa Ramadhan Dimulai Kamis
Hilal Tak Terlihat di NTB, Puasa Ramadhan Dimulai Kamis Hilal Tak Terlihat di NTB, Puasa Ramadhan Dimulai Kamis
Tim Hisab dan Rukyat memantau hilal di Menara 99 IC NTB, Selasa, 15 Mei 2018 petang kemarin. (Suara NTB/nas)
Mataram (Suara NTB) – Tim hisab dan rukyat Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB menyebutkan  bahwa hilal tidak terlihat berdasarkan hasil perhitungan dan pantauan di... Hilal Tak Terlihat di NTB, Puasa Ramadhan Dimulai Kamis

Mataram (Suara NTB) – Tim hisab dan rukyat Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB menyebutkan  bahwa hilal tidak terlihat berdasarkan hasil perhitungan dan pantauan di Menara 99 Islamic Center (IC) NTB, Selasa, 15 Mei 2018 petang. Sehingga bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari.

Dengan demikian, awal puasa Ramadhan 1439 H/2018 kemungkinan mulai Kamis, 17 Mei 2018. Namun, keputusan penetapan awal puasa Ramadhan menunggu sidang isbat di Kemenag Pusat, Selasa, 15 Mei 2018 malam.

Kepala Pembimbing Syariah Kanwil Kemenag NTB, M. Ali Fikri, SH, M.Hum menjelaskan, berdasarkan perhitungan posisi hilal berada di bawah nol derajat. Berdasarkan kesepakatan Menteri Agama Se – ASEAN (MABIM), posisi hilal minimal 2 derajat.

‘’Kalau di bawah 2 derajat pasti nggak kelihatan. Kalau begitu maka para alim ulama berdasarkan ketentuan syar’I digenapkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari. Sehingga kalau besok (hari ini) tanggal 30 Sya’ban, maka awal Ramadhan jatuhnya hari Kamis, 17 Mei 2018,” ujarnya.

Baca juga:  BI Siapkan Rp 3,6 Triliun untuk Kebutuhan Puasa dan Lebaran

Ali Fikri mengatakan, hasil hisab dan rukyat di NTB ini akan dilaporkan dalam sidang isbat di Kemenag Pusat. Nantinya awal puasa Ramadhan akan ditetapkan dalam sidang isbat tersebut.

Ditanya apakah hanya di NTB hilal tak terlihat. Ali Fikri mengatakan hampir di seluruh Indonesia yang dipantau dari 95 titik, hilal tak terlihat. Sehingga hal ini menguatkan kembali bahwa awal puasa Ramadhan akan mulai besok, Kamis, 15 Mei 2018.

Ketika ditanya apakah Kemenag memperoleh laporan bahwa ada umat Islam di NTB yang akan mulai puasa Rabu hari ini. Ali Fikri mengatakan pihaknya belum mendapat informasi.

Baca juga:  Distribusi dan Harga Pangan Dompu Relatif Stabil Selama Puasa

‘’Sampai sekarang belum dapat kita laporan akan ada yang puasa mulai besok. Besar kemungkinan akan serentak awal Ramadhan,’’ tandasnya.

Mulai tahun ini, Tim Hisab dan Rukyat Kemenag NTB melakukan pemantauan hilal penentuan awal Ramadhan di Menara 99 IC. Tahun-tahun sebelumnya, pemantau dilakukan di Taman Wisata Loang Baloq Ampenan Kota Mataram. Pemantauan hilal ini melibatkan UIN Mataram, BMKG Stasiun Geofisika Mataram dan lainnya. (nas)

BERITA TERKAIT :

Tidak ada komentar sejauh ini.

Jadilah yang pertama untuk meninggalkan komentar di bawah ini .

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *