Lapak Pedagang Eks Pelabuhan Ampenan Dibongkar

0

Mataram (Suara NTB) – Pedagang eks Pelabuhan Ampenan yang ngotot membangun lapak dan berjualan di luar areal lapak telah dibangun pemerintah, Jumat, 26 Januari 2018, dibongkar. Pembongkaran melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI Angkatan Laut.

Pantauan Suara NTB, penertiban kawasan eks Pelabuhan Ampenan merupakan kali kedua setelah pekan kemarin melakukan hal sama. Hanya saja bedanya seluruh personel pasukan biru, kuning dan hijau dikerahkan. Bahkan, dua mobil pemadam kebakaran diturunkan membersihkan sisa – sisa tanah di trotoar.

Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana menjelaskan, sebenarnya masih banyak urusan yang harus diselesaikan melengkapi fasilitas termasuk fisik di eks Pelabuhan Ampenan. Termasuk pekerjaan lanjutan ruang terbuka hijau yang akan dikerjakan oleh Dinas Pariwisata NTB. Kemudian, pedestrian juga perlu diselesaikan.

“Permintaan mereka listrik segera dipasang. Sore ini (kemarin,red) Perkim sudah saya perintahkan untuk memasang instalasi listrik,” kata Mohan. Penataan kawasan eks Pelabuhan Ampenan sebelum Naval Komodo Excited berlangsung.

Pihaknya mempersiapkan secara maraton, karena beberapa bulan sebelum kegiatan berlangsung agenda lainnya berjalan. “Penataan ada anggaran Dispar NTB dan Pemkot juga mempersiapkan itu,” ujarnya.

Mengenai pedagang, mereka harus tetap beraktivitas di lapak yang disediakan pemerintah. Dengan kondisi sekarang diakui, mereka memang merasa tidak nyaman. Tapi kedepan, gerobak, meja dan kursi akan diseragamkan sehingga tertata rapi. “Kalau ini masih wajar. Toh ini untuk semua,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. L. Muh. Faozal menambahkan, penataan eks Pelabuhan Ampenan ini merupakan kerja kolektif antara Pemerintah Provinsi NTB dan Pemkot Mataram. Beberapa fasilitas telah dirampungkan antara lain, ruang baca, lapak pedagang, pengecatan bangunan lama di Jalan Niaga dan Pabean. Termasuk nanti membangun monumen Panser Amphibi di taman Malomba. (cem)