3.000 Warga Miskin Dapat Sambungan Pipa Air Gratis

0

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Keuangan menggelontorkan anggaran Rp 9 miliar ke Pemkot Mataram, untuk pemasangan air gratis bagi 3.000 masyarakat miskin.

Pemberian hibah ini kata Sekda Kota Mataram, Ir. H. Effendi Eko Saswito, melalui sistem klaim. Artinya, Pemerintah daerah terlebih dahulu mengeluarkan anggaran pemasangan. Setelah dikroscek dan pemeriksaan, kementerian mengganti sesuai ketentuan dan dialokasikan anggaran Rp 9 miliar.

“Kita membiayai dulu melalui APBD. Setelah itu baru diganti oleh Kementerian Keuangan,” jawab Sekda, Rabu, 22 November 2017.

Pemasangan gratis sambungan air bersih telah berjalan di tahun ketiga. Sekda mengatakan, anggaran yang digelontorkan nantinya akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang. Secara otomatis itu jadi penyertaan modal milik Pemkot Mataram.

Persoalan perhitungan dividen relatif kecil, Eko mengaku tergantung sesuai dengan komposisi saham dimiliki Pemkot Mataram. “Deviden masih kecil sesuai dengan komposisi saham,” sebutnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah, Drs. H.M. Syakirin Hukmi menambahkan, pemasangan sambungan air sedang diperiksa dan verifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan.

Apakah hibah yang akan disalurkan di tahun 2017 ini, sesuai dengan hasil pemasangan di rumah tangga penerima. “Sekarang ini sedang dikroscek ke lapangan,” kata Syakirin.

Hibah diterima PDAM Giri Menang dari Kementerian Keuangan itu, secara langsung menjadi penyertaan modal miliki Pemkot Mataram. Namun Syakirin tidak menyebutkan nominal satu titik pemasangan sambungan air. Menurut dia, ada hitung – hitungan dari perusahaan air plat merah tersebut. “Kalau nominalnya saya tidak persis. Karena ada hitung – hitungannya,” demikian ujarnya. (cem)