Suara NTB » News » Lombok Tengah » Tambah Gedung Layanan Baru, RSUD Praya Defisit Rp 35 Miliar
Tambah Gedung Layanan Baru, RSUD Praya Defisit Rp 35 Miliar Tambah Gedung Layanan Baru, RSUD Praya Defisit Rp 35 Miliar
Suasana RSUD Praya (ilustrasi) (Suara NTB/dok)
Praya (Suara NTB) – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya merencanakan akan membangun ruang layanan baru, khusus untuk poli dan rawat jalan. Penambahan... Tambah Gedung Layanan Baru, RSUD Praya Defisit Rp 35 Miliar

Praya (Suara NTB) – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya merencanakan akan membangun ruang layanan baru, khusus untuk poli dan rawat jalan. Penambahan ruang layanan baru ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Praya, dr. Muzakir Langkir, kepada wartawan, Kamis, 20 April 2017. Hanya saja, besarnya kebutuhan anggaran membuat rencana tersebut dipastikan tidak akan bisa terwujud dalam waktu dekat ini.

“Anggaran yang kita butuhkan untuk membangun ruang poli dan ruang rawat jalan sebesar Rp. 48 miliar. Sementara anggaran yang tersedia tahun ini baru sekitar Rp 9 miliar saja,” akunya.

Jika ditambah dengan anggaran yang sudah digunakan pada tahun lalu sebesar Rp 3,7 miliar, maka total anggaran yang ada sudah mencapai Rp 13 miliar. Itu artinya, masih ada kekurangan anggaran sebesar Rp 35 miliar lagi. Untuk bisa menuntaskan pembangunan gedung baru untuk layanan poli dan rawat inap tersebut.

Baca juga:  Ribuan Vaksin Milik Dikes Rusak

Ia menjelaskan, gedung layanan baru direncananya dibangun lima lantai dan bisa menampung 14 unit layanan poli dan rawat jalan ditambah Sekretariat RSUD Praya. “Untuk pondasi awalnya sudah selesai dibangun tahun lalu. Dengan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar,” terangnya.

Tahun ini pembangunan gedung layanan baru akan dilanjutkan dengan anggaran sebesar Rp 9 miliar yang bersumber dari APBN sebesar Rp 3,1 miliar dan sisanya bersumber dari APBD Loteng. “Terhadap kekurangan anggaran tersebut, kita sudah sampaikan ke pemerintah pusat. Dan, kita berharap tahun depan ada tambahan anggaran yang lebih besar lain. Syukur-syukur bisa terpenuh sesuai kekurangan yang ada. Sehingga gedung layanan baru tersebut bisa segera rampung,”  ujar Langkir.

Baca juga:  Ribuan Vaksin Milik Dikes Rusak

Menurutnya, dengan kondisi sekarang ini, RSUD Praya jelas butuh tambahan gedung dan ruang layanan baru, karena ruangan layanan yang ada jumlahnya sangat terbatas, terutama untuk layanan poli dan rawat jalan. (kir)

BACA BERITA LAINNYA :