Suara NTB » News » Headline » VIDEO – Sambut Nyepi, 150 Peserta Meriahkan Parade Ogoh-ogoh di Mataram
Parade ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi di Mataram. (suarantb.com/hvy)
Mataram (suarantb.com) – Parade ogoh-ogoh kembali digelar hari ini, Senin, 27 Maret 2017 dalam  rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939 yang... VIDEO – Sambut Nyepi, 150 Peserta Meriahkan Parade Ogoh-ogoh di Mataram

Mataram (suarantb.com) – Parade ogoh-ogoh kembali digelar hari ini, Senin, 27 Maret 2017 dalam  rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939 yang jatuh pada Selasa, 28 Maret 2017.

Pembukaan parade ogoh-ogoh tahun ini berlangsung meriah. Kepadatan mulai tampak di Kawasan Cakranegara mulai pukul 07.00 Wita. Suasana terpantau semakin ramai menjelang pukul 11.00 Wita. Tidak hanya diramaikan oleh aneka ogoh-ogoh yang siap untuk berparade, namun kawasan tersebut juga ramai oleh para pedagang dan pengunjung.

Ketua Panitia Parade Ogoh-ogoh, Anak Agung Made Jelantik, S.H dalam sambutannya di acara tersebut menyebutkan jumlah peserta yang ikut parade ogoh-ogoh  lebih dari 150  ogoh-ogoh  tahun ini.

“Total ogoh-ogoh awalnya ada 27, tetapi karena bantuan dari berbagai pihak di lapangan, sekarang ada lebih dari 150 ogoh-ogoh,” sebutnya.

Parade tersebut, menurut Anak Agung Jelantik mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun, ia tetap memiliki catatan agar tahun-tahun ke depan, berbagai aturan dan tata cara yang telah ditetapkan bisa lebih disempurnakan.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh yang membuka  langsung parade tersebut, mengungkapkan kegembiraannya. Terlebih, kuantitas dan kualitas Parade Ogoh-ogoh tahun ini, lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurut Ahyar, Parade Ogoh-ogoh dalam rangkaian peringatan Hari  Raya Nyepi ini, merupakan wujud toleransi, kebersamaan, dan keberagaman antar umat beragama di Kota Mataram.

“Karena yang hadir di sini  bukan hanya umat Hindu saja, tapi masyarakat non muslim juga hadir di sini. Ini wujud toleransi, kebersamaan dan keberagaman di Kota Mataram yang harus disebarkan ke seluruh NTB,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTB, Drs. I Gede Mandra, M.Si, Ketua PHDI Kota Mataram, Ida Made Santi Adnya S.H, MH, serta Ketua Panitia Parade Ogoh-ogoh, Anak Agung Made Jelantik, SH.

Berbagai macam bentuk dan rupa ogoh-ogoh yang ditampilkan usai pembukaan, memeriahkan keramaian dalam parade tersebut. Berbagai kalangan masyarakat baik pemuda, anak-anak hingga orang dewasa tampak menikmati tarian ogoh-ogoh di  jantung Kota Mataram tersebut. (hvy)

BACA BERITA LAINNYA :