Waspada Serangan Cuaca Panas Ekstrem Pada 20 Maret

0

Mataram (suarantb.com) – Tanggal 20 Maret dan 22 September 2017 diperkirakan akan menjadi hari terpanas di Indonesia, termasuk NTB. Dimana fenomena astronomi Equinox kembali terjadi.

Berdasarkan keterangan Deputi Bidang Meteorolgi BMKG, Yunus S Swarinoto, Rabu, 15 Maret 2017, Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi, dimana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa.

Hal ini menyebabkan distribusi sinar matahari lebih signifikan di wilayah ekuator. Sehingga suhu permukaan bumi yang relatif lebih panas dari sebelumnya bisa terjadi. Pada saat periode Equinox, BMKG mencatat suhu rata-rata di Indonesia berkisar 32-36 derajat celcius.

Suhu maksimum di Indonesia tercatat terjadi di wilayah Jakarta dengan kisaran 35,6 derajat. Sementara wilayah lain di Indonesia berkisar antara 33-36 derajat.

Secara umum, dijelaskan Yunus kondisi cuaca di Indonesia saat ini masih dalam kondisi lembab dan basah. Sehingga ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan dan tetap mewaspadai kondisi cuaca yang cukup panas. Ditambah beberapa daerah di Indonesia juga telah memasuki masa pancaroba.

“Tingkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan. Waspadai potensi kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya.

Sebagai pencegahan, perlu diingat hari Senin, tanggal 20 Maret dan 22 September 2017 diperkirakan akan menjadi hari terpanas di bumi. Perbanyak konsumsi air untuk menghindari terjadinya dehidrasi. (ros)