Seribu Murid SD Ikuti Gerakan Sikat Gigi Massal

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kegiatan Sikat Gigi Massal yang dibuka Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah diikuti sekitar seribu murid SD se Kabupaten Sumbawa, Selasa, 17 Januari 2017, di halaman kantor Bupati.

Kegiatan yang bertemakan “Gerakan Sikat gigi Massal dan Topikal Aplikasi Flour Untuk Generasi Sumbawa yang Sehat dan Bermartabat” terselenggara atas kerjasama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Sumbawa  dan Pemkab Sumbawa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PDGI ke 67 tahun.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh cabang-cabang Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) diikuti oleh 1.000 mMurid SD dari kelas 3 sampai kelas 6 yang berasal dari 19 SD di wilayah Kecamatan Sumbawa.

Ketua PDGI cabang Sumbawa, drg. T. Tri Waluyo, MPH menyampaikan, kegiatan Sikat Gigi Massal 1000 Murid SD ini untuk meningkatkan pengetahuan murid SD tentang kesehatan gigi dan mulut, meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut anak, dengan rutin berkunjung ke dokter gigi, dan untuk mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut, serta sebagai bukti adanya kontribusi Pemerintah Daerah dan organisasi profesi dalam meningkatkan Kesehatan gigi dan mulut anak SD.

Selain itu juga disampaikan, jika kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan program Kemenkes yaitu Indonesia bebas Caries gigi tahun 2030, karena menurut hasil Riskesdas (riset Kesehatan Dasar) tahun 2013 menunjukkan bahwa perilaku masyarakat Indonesia dalam menyikat gigi dengan benar setelah makan pagi dan sebelum tidur malam hanya 2,3 persen. Hasil riset ini menunjukkan masih perlu sosialisasi cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada masyarakat kita khususnya masyarakat sekolah.

Sementara Wabup mengapresiasi kegiatan ini dalam kampanye dan pendidikan kesehatan gigi dan mulut, merupakan hal fundamental bagi kesehatan umum, karena mulut yang sehat memungkinkan individu untuk berbicara, makan, bersosialisasi tanpa mengalami rasa sakit, tidak nyaman, maupun rasa malu. Melalui hari ulang tahun PDGI ke 67 ini diharapkan bukan saja untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen, serta gerakan nyata kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut, akan tetapi menjadi medium bagi tenaga kesehatan gigi di Kabupaten Sumbawa untuk melayani masyarakat. Serta menjadi pemicu akan melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, terutama bagi anak-anak usia sekolah.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada peringatan sikat gigi massal ini adalah penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, Gerakan Sikat Gigi Bersama, Pemeriksaan Gigi dan Mulut serta Pencabutan Gigi Sulung. (arn)