Tiga Oknum Polisi di Sumbawa Diduga Positif Narkoba

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Upaya Polres Sumbawa membersihkan jajarannya dari Narkoba terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan tes urine yang digelar Senin, 16 Januari 2017. Dari 30 anggota yang dites, tiga di antaranya yakni Bripda W, Brigadir AM, dan Bripka AD terindikasi positif narkoba.

Wakapolres Sumbawa, Kompol Yuyan Priatmaja, S.IK kepada wartawan membenarkan hal tersebut. Tes urine ini dilaksanakan berdasarkan inisiatif pihaknya bekerjasama dengan BNNK Sumbawa. Guna membersihkan anggota dari narkoba dan memberikan contoh kepada masyarakat. Dari 30 anggota yang dipanggil secara acak, tiga di antaranya positif.

“Ada 30 orang anggota yang kita panggil dari masing-masing fungsi secara acak. Hasilnya terindikasi tiga orang yang positif,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari ketiga anggota tersebut, dua di antaranya yakni Bripda W dan Brigadir AM terbilang baru. Sementara Bripka AD ini sudah pernah melakukan pelanggaran sebelumnya. Di mana saat ini ia belum selesai disidangkan secara internal. Selanjutnya tindaklanjut dari ketiganya akan didalami terlebih dahulu. Terhadap Bripda W dan Brigadir AM akan dikoordinasikan dengan BNNK. Sementara Bripka AD, akan dikoordinasikan dengan Polda NTB. Apakah akan dikenakan hukuman disiplin atau etika.

“Kita akan dalami dulu seperti apa nantinya. Kalau yang baru kita akan koordinasikan dengan BNN apakah mau direhab atau bagaimana. Yang sudah pernah, bagaimana kita proses nantinya akan kita koordinasikan dengan Polda. Apakah larinya ke disiplin atau etika. Ancaman terberatnya itu diberhentikan tidak dengan hormar (PTDH),” tukasnya.

Waka menambahkan, tes urine ini sudah pernah dilaksanakan tahun sebelumnya. Hanya saja untuk tahun 2017 ini baru kali pertama. Nantinya tes urine terhadap anggota tetap akan dilaksanakan.

“Nanti tes urine ini tetap kita laksanakan. Tetapi jadwalnya acak, personilnya juga. Mungkin nanti juga kita akan ke Polsek. Intinya anggota akan kita cek dengan tujuan untuk melindungi anggota dan memberikan contoh kepada masyarakat,” pungkasnya. (ind)