Jadi Objek Wisata Andalan, Pantai Selong Belanak Segera Berbenah

0

Praya (Suara NTB) – Kawasan Pantai Selong Belanak Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata andalan oleh Pemkab Lombok Tengah (Loteng). Untuk mendukung hal ini, pemerintah daerah telah menyiapkan sejumlah program guna membenahi kawasan yang kini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan ini.

“Pembenahan menjadi fokus kita saat ini. Supaya kawasan Pantai Selong Belanak benar-benar tertata. Sehingga kawasan ini semakin menarik untuk dikunjungi,” aku Kepala Desa Selong Belanak, L. Yahya, kepada Suara NTB, Senin, 16 Januari 2017.

Dikatakannya, salah satu fokus pembenahan yang akan dilakukan, yakni terkait keberadaan pedagang yang ada di sepanjang bibir Pantai Selong Belanak. Mengingat, jumlah pedagang saat ini semakin banyak, sehingga space area untuk publik di kawasan pantai semakin menyempit.

Apalagi kalau air laut sedang pasang, public area tertutup air. “Pedagang yang ada ini nanti akan kita tarik agak ke belakang. Sehingga area publik bisa lebih luas lagi. Dengan begitu, wisatawan juga bisa lebih leluasa beraktivitas,” terangnya.

Agar kawasan pantai lebih tertata rapi, para pedagang nantinya akan dibuatkan tempat khusus sebagai tempat yang bisa digunakan untuk berjualan. Dengan begitu, kesan kumuh di sepanjang pantai bisa diatasi.

Ia menjelaskan, jumlah pedagang di kawasan Pantai Selong Belanak tercatat sebanyak 30 orang. Sebagai tahap awal, pihaknya akan menyiapkan 18 slot lapak bagi para pedagang. Sisanya akan dibangunkan secara bertahap supaya semua pedagang bisa kebagian tempat berjualan.

Terhadap rencana penataan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Dan, para pedagang tampaknya sangat merespons rencana ini, karena apa yang dilakukan demi kepentingan bersama.

Pihaknya pun berharap, ada dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah supaya rencana penataan kawasan Pantai Selong Belanak bisa berjalan lancar. Karena bagaimanapun juga, kawasan Pantai Selong Belanak merupakan kawasan wisata andalan daerah yang harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah.

Menyinggung rencana penataan kawasan Pantai Selong Belanak, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Loteng, H.L. Putria, mengaku kalau pemerintah pastinya akan mendukung rencana tersebut. “Apa yang dibutuhkan pemerintah desa untuk menata kawasan Pantai Selong Belanak, selama itu bisa dibantu, akan kita bantu semaksimal mungkin,” tandasnya. (kir)