Suara NTB » News » NTB » VIDEO – Puluhan Tulang dan Tengkorak Misterius Sebesar Helm yang Ditemukan Warga Sembalun
Salah satu tengkorak yang ditemukan oleh warga Sembalun di Dusun Lendang Luar, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun. (Suara NTB/ist)
Mataram (Suara NTB) – Hendak menggali tanah uruk, siapa sangka ternyata warga Sembalun ini menemukan hal yang tidak disangka. Puluhan tengkorak misterius beserta tulang... VIDEO – Puluhan Tulang dan Tengkorak Misterius Sebesar Helm yang Ditemukan Warga Sembalun

Mataram (Suara NTB) – Hendak menggali tanah uruk, siapa sangka ternyata warga Sembalun ini menemukan hal yang tidak disangka. Puluhan tengkorak misterius beserta tulang yang diperkirakan telah terkubur selama ratusan tahun. Sejumlah arkeolog pun akan segera meneliti temuan ini.

Salah seorang warga Sembalun yang terlibat dalam penemuan ini, Henry Wahyu Sembahulun alias Anto mengungkapkan kisah penemuan menghebohkan ini.

Menurut Anto, awalnya ia memesan tanah uruk sebanyak satu truk dam kepada para penggali tanah uruk di kawasan penggalian di bawah Bukit Pergasingan, Sembalun. Tepatnya, di Dusun Lendang Luar, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun. Namun, ujarnya, di dalam tanah uruk yang dipesannya itu ternyata ditemukan tulang lutut manusia.

Mengingat ia membutuhkan tambahan beberapa truk tanah uruk, ia pun mendatangi lokasi penggalian. Di sana, rupanya para penambang pasir memang telah menemukan rangkaian tulang belulang manusia.

“Akhirnya saya suruh gali semua, penasaran, saya tanya semuanya yang sering gali tanah, apa yang mereka temukan? Bisa jadi penemuan yang aneh, kuno,” ujarnya kepada suarantb.com, Rabu, 11 Januari 2017.

Berdasarkan pengakuan para penambang tersebut, terungkap adanya penemuan piring, sendok yang berukir, tungku. Ada pula penemuan uang bolong yang tertimbun di bawah tengkorak manusia yang ditemukan. Anto dan sejumlah rekannya pun melakukan penelusuran sebisanya.

Baca juga:  Noah akan Ramaikan Perayaan Bau Nyale

“Setelah menyelidiki, saya hapalkan jenis tanahnya. Kan beda, kalau bekas kubur dan jenis tanah biasa. Saya coba gali, saya temukan lagi kemarin,” ujarnya.

Anto menjelaskan hingga kini telah ditemukan tak kurang dari 40 tengkorak manusia. “Yang sering ketemu tulang kaki sama tulang tangan. Dipikir tulang sapi atau apa. Tapi setelah ketemu tengkorak, baru disadari kalau di sana itu kuburan kuno. Jenis kuburan yang tertanam itu sudah lama, mungkin tertanam oleh letusan atau apa,” ujarnya menduga-duga.

Anto mengakui bahwa penemuan tulang belulang ini hingga kini masih misterius. Ia telah berusaha menanyakan penemuan ini kepada sejumlah orang tua yang dianggap punya pengetahuan mengenai seluk beluk kawasan tersebut. “Tadi saya tanyakan kepada orang yang paling tua sekalipun, mereka tidak tahu,” ujarnya.

Misteri penemuan tulang belulang dan tengkorak beserta sejumlah perkakas kuno ini semakin menarik karena ukuran tengkorak yang ditemukan. Anto mengaku, lebih dari 10 tengkorak yang ditemukan berukuran jauh lebih besar ketimbang orang kebanyakan. Ukuran tengkorak tersebut, menurut Anto, sebesar helm.

Baca juga:  Lumbung Sasak Harus Diselamatkan dari Ancaman Kepunahan

Sementara, sejumlah tulang belulang yang ditemukan juga diketahui memiliki tinggi yang jauh melampau ukuran manusia modern saat ini. “Tubuhnya besar, panjang sekitar dua meter setengah, tapi ukuran lebarnya cuma dua jengkal, seukuran tubuh,” ujarnya.

Anto menambahkan, ada pula kumpulan tulang belulang yang diperkirakan merupakan tiga manusia yang dikubur sekaligus dalam satu tempat. “Ada yang ditemukan juga bertiga sekaligus. Model posisinya berbeda. Di sekitar yang bertiga itu ditemukan bekas arang, tungku, sendok, piring dan sebagainya,” ujarnya.

Anto mengaku penemuannya ini sudah direspon oleh sejumlah pihak. Bahkan ada sejumlah pakar arkeologi yang sudah menghubunginya dan akan segera datang ke lokasi penemuan tersebut. Menurut Anto, sebagian tulang belulang dan tengkorak itu kini telah dipindah ke lokasi lain dan dikuburkan ulang. (aan)

BACA BERITA LAINNYA :