Proyek Infrastruktur Jalan Senilai Rp 900 Miliar Belum Dilelang

0

Mataram (Suara NTB) – Meskipun telah ada dorongan supaya proyek-proyek infrastruktur dilakukan pelelangan lebih awal, bahkan sejak Desember tahun lalu, namun Dinas PU dan Penataan Ruang NTB belum bisa melakukan lelang. Pelaksanaan lelang proyek infrastruktur jalan senilai Rp 900 miliar lebih akan mulai dilakukan pertengahan Januari ini. Ditargetkan, proyek-proyek besar ini dapat tuntas ditender pada Maret mendatang.

“Belum ada dilelang, sedang kita siapkan. Mudah-mudahan Januari bisa  kita lelang. Proyek jalan yang besar sekitar Rp 900 miliar,” kata Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.TP dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 9 Januari 2017.

Ardhi mengatakan, proyek pengerjaan infrastruktur jalan tahun ini memang cukup besar yang dilakukan pelelangan mencapai Rp 900 miliar. Dengan rincian, proyek pembangunan infrastruktur jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 100 miliar. Kemudian proyek dari program Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIMsenilai Rp 250 miliar.

Selanjutnya proyek percepatan pembangunan jalan provinsi senilai Rp 650 miliar yang akan dianggarkan tahun jamak.

“Khusus untuk percepatan jalan ini, sekarang kita tender semuanya. Uangnya tersedia tahun ini Rp 250 miliar. Tapi kita yang kita tender Rp 650 miliar. Sehingga tahun ini, Bidang  Bina Marga saja hampir Rp 900 miliar yang dilaksanakan, belum bidang  yang lain,”ucapnya.

Ardhi menargetkan, ratusan miliar proyek infrastruktur jalan ini dapat tuntas dan tandatangan kontrak pada Maret mendatang jika tak ada kendala.  Selain itu, pihaknya juga mengharapkan pelelangan proyek-proyek yang berada di bawah bidang Cipta Karya dan bidang Sumber Daya Air (SDA) juga bisa cepat tuntas.

Ia menjelaskan, untuk proyek yang berada di Bidang Cipta Karya dan SDA, kadang perencanaannya sudah dilakukan tahun lalu, tinggal tahun ini lelang pelaksanaan konstruksi. Ada juga yang tahun ini lelang perencanaan, sementara pelaksanaan konstruksi tahun depan. (nas)