Pulang Dari Kalimantan, Pelaku Begal Bule Dibekuk

0

Praya (Suara NTB) –  Seorang pelaku begal wisatawan asing L. FF (20) asal Desa Kute Pujut Lombok Tengah (Loteng) berhasil dibekuk jajaran Sat Reskrim Polres Loteng. Setelah sempat buron selama empat bulan lamanya. Pelaku yang diketahui sempat kabur ke Kalimantan tersebut, kini sudah diamankan di Mapolres Loteng untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

Pelaku sendiri diduga sebagai bagian dari jaringan komplotan yang membegal dua wisatawan asal Bulgaria yang tengah berkemah di Pantai Serenting Kute, tanggal 27 Agutus lalu. Kala korban Tsenova Margarita Iliyanova bersama pasangannya Tsevetin Stoyanov Shushtakov, tengah berkemah dilokasi kejadian. Sekitar pukul 21.00 wita, pelaku kemudian datang bersama empat temannya ke lokasi kemah.

Sesampainya disana pelaku lantas meminta korban duduk dan diam. Namun korban melawan dengan bermodalkan kayu serta pisau. Saat salah seorang korban mengejar teman pelaku, saat itulah pelaku mengambil tas milik korban. Berisikan kamera buku serta barang berharga milik korban lainnya.

Beberapa hari pasca kejadian, polisi berhasil menangkap dua pelaku, Nurim dan Sukarji. Sementara pelaku berhasil lolos. Guna menghindari kejaran aparat kepolisian, pelaku L. FF., kemudian memilih kabur ke Kalimantan. Setelah hampir empat bulan berada di Kalimantan, pelaku kemudian pulang kembali.

Kepulangan pelaku L. FF., nyatanya terdeteksi oleh aparat kepolisian. Berdasar informasi yang diperoleh, polisi kemudian melakukan penginatain. Sampai pada Sabtu (10/12) kemarin, pelaku diketahui sedang berada di kawasan Pantai Tanjung A’an. Aparat Polsek Kute kemudian bergerak ke lokasi tempat pelaku berada.

Setelah memastikan kondisi mendukung, pelaku kemudian ditangkap tanpa ada perlawanan yang berarti. “Pelaku sendiri baru beberapa hari pulang dari Kalimantan. Sebelum akhirnya tertangkap,” ungkap Kasubag. Humas Polres Loten, AKP Made Suparte, Senin, 12 Desember 2016.

Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan aparat kepolisian. Untuk keperluan pengembangan lebih lanjut. Mengingat masih ada dua pelaku lainnya yang masih buron. “Dengan tertangkapnya pelaku, maka total sudah tiga pelaku yang diamankan. Adapun dua pelaku lainnya, kini masih dalam pengejaran,” tegas mantan Kapolsek Batukliang ini. (kir)