suarantb
 
RedaksiIklanArsipHalaman UtamaHari Ini
Daftar Pertama di KPU
Paket Harum Janjikan Peningkatan IPM NTB
 

Updated : Kamis 07/02/13

Pasangan bakal Calon Gubernur dan bakal Calon Wakil  Gubernur NTB, Drs. H. Harun Al Rasyid, M.Si – Dr. TGH. L. Abdul Muhyi Abidin, MA atau paket Harum merupakan calon pertama yang mendaftarkan diri di KPU NTB, Rabu (6/2) kemarin. Dengan dukungan dari koalisi 17 parpol non parlemen dengan 15 persen suara lebih serta dukungan Partai Hanura dan Partai Bintang Reformasi (PBR) pada detik-detik terakhir menjelang pendaftaran, paket Harum membulatkan perolehan dukungan dari 19 parpol (23,70 persen) untuk maju dalam Pilkada NTB 2013.

PAKET Harum tiba di Kantor KPU sekitar pukul 10.00 Wita diantar ratusan massa pendukungnya. Selain itu tampak juga 18 pengurus inti parpol pengusung minus PBR, karena pengurus pusat mereka sedang dalam perjalanan menuju NTB. Turut  hadir Ketua Umum Pengurus NW NTB, Raden Tuan Guru Bajang, KH. Lalu Gde Muh. Zainuddin Atsani, LC dan TGH Lalu Gde Wira Sakti Amir Murni. Selain itu juga Ketua DPW Partai Nasdem NTB, H. Darmawan.

Paket Harum diterima oleh Ketua KPU NTB, Fauzan Khalid, S. Ag, M.Si, anggota KPU NTB, H. Darmansyah, M.Si dan Ilyas Sarbini, SH serta Sekretaris KPU NTB, Hj. Desak PutuYuliastini, SH, MH. Ketua KPU NTB, Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si mengatakan pendaftaran bakal Calon Gubernur dan bakal Calon Wakil Gubernur NTB periode 2013-2018 sudah dimulai  sejak tanggal 5 Februari hingga 11 Februari 2013 mendatang. Selanjutnya pada tanggal 12 Februari KPU akan melakukan pemeriksaan kesehatan semua bakal calon.

Terhadap berkas-berkas persyaratan yang diserahkan bakal calon, kata Fauzan, KPU akan mengecek ada atau tidaknya berkas persyaratan pencalonan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. ‘’Sah atau tidaknya berkas tersebut nanti akan diperiksa dan tidak menutup kemungkinan akan memfaktualisasinya ke lapangan,’’ jelasnya.

Ke-17 parpol non parlemen  ayang mengusung paket Harum yaitu  PNBK Indonesia, PPDI, Partai Buruh, PNIM, PDP, PSI, PPNUI, PPN, PPI, PKP, Partai Patriot, Partai Merdeka, PMB, PIS, Partai Barnas, Partai Kedaulatan, dan PKPI. Dari 17 parpol itu terhimpun 307.139 suara atau 15,13 persen dari suara sah yang diperoleh saat Pemilu 2009. Sementara  Partai Hanura yang memiliki kursi di DPRD NTB sesuai  hasil Pemilu 2009 sebanyak tiga kursi, atau perolehan suara sah sebanyak 93.778 suara. Sedangkan PBR memiliki dua kurrsi di DPRD NTB dengan perolehan 80.316 suara pada pemilu 2009.

Sementara itu, anggota KPU NTB, Drs. H. Darmansyah, M.Si  mengatakan, paket Harum didukung oleh 19 parpol, namun satu parpol yakni PBR tidak ikut dalam pendaftaran pasangan calon itu tetapi dalam berkas pendaftaran sudah termasuk PBR di dalamnya.’’Tetapi dari 18 parpol ini sudah memenuhi syarat minimal 15 persen. Karena jumlah dukungan suaranya sebanyak 19,75 persen,’’ sebutnya. Selanjutnya, berkas persyaratan pencalonan yang sudah diserahkan tersebut akan ditindaklanjuti pada tahapan verifikasi dokumen dukungan parpol.

Setelah selesai mendaftar di KPU NTB, sekitar pukul 16.00 Wita,  paket Harum kemudian melakukan deklarasi  di Lapangan Umum Mataram. Pada deklarasi tersebut, selain dihadiri parpol pengusung, turut hadir Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, H. Patrice Rio Capella. Pada deklarasi yang dihadiri ribuan simpatisan dan kader Partai Nasdem se-NTB tersebut, Rio Capella menginstruksikan seluruh kader Nasdem dari tingkat provinsi sampai kecamatan dan desa-desa di seluruh daerah NTB untuk serius dan menggalang kekuatan supaya pasangan Harum memenangkan Pilgub NTB 2013.

Dalam pidato politiknya, ia mengatakan tidak akan ada yang merubah nasib rakyat NTB kalau rakyat NTB itu sendiri yang akan merubahnya. “Kita akan berubah kalau Harum menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur 2013-2018. Untuk itu kami menegaskan, Nasdem akan sungguh-sungguh memenangkan pasangan ini supaya  menjadi pasangan Gubernur/Wakil Gubernur NTB untuk periode 2013-2018.

Perbaiki IPM

Sementara pasangan Harum menjanjikan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB yang masih bertengger di posisi ke-32 dari 33 provinsi se-Indonesia. ‘’ Kami akan memperbaiki secara signifikan peringkat IPM NTB. Terutama dari aspek kesehatan dan pendidikan,’’ kata Harun, usai pendaftaran pasangan calon itu di KPU NTB.

Menurutnya,  perbaikan peringkat IPM NTB sebenarnya sudah dilakukan penentu kebijakan di daerah ini melalui berbagai program pemberdayaan. Namun, peringkat NTB masih berada pada posisi  32 dari 33 provinsi. ‘’Kami akan upayakan lebih signifikan perubahannya, terutama yang berkaitan dengan kesehatan ibu melahirkan dan bayi, serta peningkatan kualitas pendidikan,’’ ujarnya. (nas/*)


-----------------------------------------------------------------------

- Diduga Sembunyikan Pencuri, Mapolsek Janapria Dirusak Massa
- Kejaksaan Telusuri ‘’Manifest’’ Maskapai Penerbangan
- Opsi PKS Kian Sempit
- Kemensos Anggarkan Rp 99 Miliar untuk RTS Miskin di NTB
- Paket Harum Janjikan Peningkatan IPM NTB

- Tokoh
- Komentar

@Copyright Suara NTB