suarantb
 
RedaksiIklanArsipHalaman UtamaHari Ini
Hari Ini, Wapres Buka Pertemuan Parlemen ASEAN Ke 33 di Mataram
 

updated: Senin 17/09/2012

BENDERA - Bendera peserta delegasi AIPA dikibarkan di depan Ruang VIP Bandara Internasional Lombok. (Suara NTB/humas Pemprov NTB) Wakil Gubernur Ir. H. Badrul Munir, MM, saat menjemput Ketua DPR RI Marzuki Alie di BIL, Minggu (16/9) petang kemarin. (Suara NTB/Humas Pemprov NTB)

 



Mataram (Suara NTB) –
Setelah sukses sebagai tuan rumah berbagai event berskala nasional dan internasional, NTB kembali dipercaya sebagai tuan rumah Sidang Umum Parlemen ASEAN atau ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke 33. Event berskala internasional ini akan dibuka Wakil Presiden Boediono di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Senin (17/9) malam.

Selain di Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur, agenda sidang umum anggota-anggota parlemen ASEAN juga berlangsung beberapa hari di The Santosa Resort and Villas dan Hotel Sheraton, Senggigi Lombok Barat.

“Yang membuka pertemuan itu sudah positif Bapak Wakil Presiden sesuai dengan rapat terakhir dengan paswampres dan pihak terkait lainnya,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setda NTB, Tri Budiprayitno, S.IP, M.Si, yang dikonfirmasi Suara NTB, Minggu (16/9) kemarin.

Ditambahkan, selain pertemuan parlemen ASEAN dihadiri delegasi dari 10 negara anggota ASEAN, pertemuan AIPA 2012 itu juga akan dihadiri delegasi negara peninjau, yakni Australia, Belarus, Kanada, Cina, European Parliament, India, Japan, Republic of Korea, Papua New Guinea dan Russian Federation. Selain itu, akan hadir pejabat Sekretariat ASEAN dan organisasi parlemen lainnya, seperti Inter Parliament Union (IPU), Parlemen Timor Leste, Pan African Parliament (PAP), dan ASEAN-WEN/Arrest Freeland.

"Setelah opening ceremony dan official dinner di Kantor Gubernur NTB, baru peserta Sidang Umum AIPA menggelar pertemuan di The Santosa Resort and Villas, dan Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort," ujarnya.

Ia juga menjelaskan sebagian delegasi dari beberapa negara sudah ada yang datang ke Mataram sejak Sabtu (15/9) lalu. Sedangkan Minggu (15/9) kemarin, Ketua DPR RI, Marzuki Ali selaku panitia sudah berada di Mataram.  “Sebagian anggota delegasi dari beberapa negara sudah datang , yang semulanya diagendakan pada hari ini datang (Minggu, red) tetapi kemarin sudah ada beberapa delegasi dari beberapa negara sudah ada yang datang ke NTB,” tandasnya.

Bahkan kata Tri, berdasarkan hasil rapat terakhir, Ketua ASEAN yang juga Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen akan hadir dalam pertemuan tersebut. Setelah selesai pembukaan dilanjutkan dengan jamuan santap malam bagi  450  delegasi oleh Wapres Boediono di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur yang sudah dipersiapkan panitia.

Sementara di Bandara Internasional Lombok, pihak panitia berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada setiap anggota delegasi yang datang. Bahkan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB seperti disampaikan Sekretaris Disbudpar NTB Lalu Moh. Faozal, S,Sos, MSi, menyambut delegasi dengan menyuguhkan kesenian tradisional NTB, khususnya gending pesasakan.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melibatkan Putri Pariwisata dalam menyambut delegasi. Tujuannya, memberikan informasi mengenai objek-objek pariwisata yang ada di NTB, sehingga para anggota delegasi AIPA bisa mempromosikan objek wisata setelah kembali ke negaranya.

Tidak hanya itu, lanjut mantan Kabag Humas dan Protokol pada Biro Umum Setda NTB ini, grup kesenian yang dilibatkan berasal dari grup kesenian yang berada di lingkar bandara. ‘’Mereka berasal dari Dusun Keloke, Desa Penujak, Praya Barat,’’ terangnya.

Pihaknya berharap, event bertaraf internasional yang digelar di NTB ini bisa sukses, sehingga semakin banyak tamu yang datang. Apalagi tahun 2012 ini, merupakan puncak dari Visit Lombok Sumbawa yang menargetkan kunjungan 1 juta wisatawan ke NTB. (nas/*)

@Copyright Suara NTB